Bagaimana perawatan pascaoperasi hidung

Setelah operasi hidung, tentunya akan terjadi bengkak.  Sebagian dokter tidak menutupi hidung dengan plester pascaoperasi, sebagian menutupi dengan plester. Tergantung dengan keyakinan dokter masing-masing, jika dirasa tidak terlalu bengkak sehingga tidak memerlukan plester. Saya sendiri menutupi hidung dengan plester karena manfaatnya cukup baik untuk mengurangi dan mencegah bengkak berlebihan. Bagaimana perawatan pascaoperasi hidung ?
Perawatan dirumah dengan mengoleskan salep yang diberikan menggunakan cuttonbud tiap 6 jam. Salep berguna untuk membersihkan dan melindungi luka. Luka yang kotor kurang terawat merupakan tempat yang “menyenangkan” bagi bakteri. Jadi perawatan luka sangat penting untuk mencegah infeksi. Jika takut salah atau tidak mengerti silahkan bertanya dengan dokter atau staff klinik untuk diajari cara membersihkan.
Plester akan dibuka, kira-kira 1-2 minggu. Membuka plester harus dengan hati-hati karena dapat mempengaruhi pembengkakan. Jadi sebaiknya tidak membuka plester sendiri.
Jahitan akan dibuka setelah 7 hari. Saya menyarankan setelah 10 hari pascaoperasi. Jahitan berbeda jenis tiap dokter. Ada yang memakai jahitan benang absorbable (lepas sendiri) atau yang non-absorb. Saya memakai jenis benang yang absorb, tetapi untuk bagian yang terlihat seperti di collumela dan cuping akan dilepas setelah 10 hari. Bagian lain yang tidak terlihat seperti di dalam lubang hidung tidak dilepas, karena akan hilang sendiri.
Setelah itu dokter akan memastikan dengan perabaan, apakah implant (jika memakai) tempatnya sudah benar atau miring. Jika kurang simetris dengan penekanan sedikit bisa digeser lebih lurus. Tetapi hal ini dapat dilakukan sebelum 2 minggu pascaoperasi. Sehingga sangat disarankan untuk kontrol pascaoperasi sebelum 2 minggu.
Setelah lepas jahitan lakukan perawatan luka dengan mengoleskan salep antibiotik. Sampai 3 minggu pascaoperasi.
Selama 3 minggu disarankan untuk menghindari benturan pada hidung. Tidur dengan wajah tidak tertekan ke kiri atau kanan. Tertawa atau menguap dibatasi dengan cara menahan pipi dengan kedua tangan dengan lembut. Area hidung dan sekitarnya dihindari dari penekanan, misalnya jangan memakai kacamata, makeup sampai 1 bulan dari operasi. Jika kacamata sangat diperlukan, silahkan memakai kacamata yang tertahan “frame”nya di pipi, bukan di hidung.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: