Kapan sebaiknya memperbaiki ulang memancungkan hidung ?

Jika hidung sudah pernah dilakukan tindakan memancungkan hidung, kemudian kurang puas, hidung dapat dilakukan perbaikan. Perbaikan dilakukan biasanya untuk mendapatkan hasil yang lebih diinginkan. Kapan sebaiknya memperbaiki ulang memancungkan hidung ?

Ini akan sangat tergantung dengan trauma yang dihasilkan dari tindakan atau operasi sebelumnya. Jika pernah dilakukan filler maka akan lebih cepat pemulihan daripada dilakukan operasi. Jadi urutan dari pemulihan, yang tercepat adalah (dan lama tindakan) :

  1. Filler (menit)
  2. Tanam Benang (menit)
  3. Operasi  menggunakan  L implan (1 Jam)
  4. Operasi menggunakan Tulang rawan (3-4 jam)

Karena tindakannya lebih cepat makanya trauma tidak terlalu banyak dibandingkan dengan tindakannya lebih lama.

Kapan sebaiknya melakukan perbaikan memancungkan hidung ?

  1. Untuk filler dapat dilakukan tindakan operasi setelah lebih dari minimal 1 minggu pascafiller.
  2. Tanam Benang dapat dilakukan tindakan setelah minimal 1 bulan pascabenang.
  3. Operasi dengan L implan dapat diperbaiki minimal setelah 3 bulan.
  4. Operasi dengan tulang rawan membutuhkan minimal 1 tahun pascaoperasi untuk dilakukan perbaikan.

Hal diatas tidak dapat dijadikan patokan yang pasti, dokter anda akan melihat langsung kondisi hidung itu sendiri. Karena tiap orang akan berbeda pemulihannya.

Bagaimana jika dipaksakan dilakukan operasi ? Pada masa pemulihan akan terjadi jaringan yang “contraction” (lebih keras dan tertarik). Jaringan ini kaku dan tidak baik pembuluh darahnya. Sehingga akan menyulitkan untuk membutuh struktur hidung, karena tarikan (kaku) dari kulit hidung. Bentuk yang kita inginkan jadi lebih sulit dicapai. Kemudian karena pembuluh darah belum kembali normal, tulang rawan yang kita masukkan akan kekurangan nutrisi, mungkin kehidupan tulang rawan tersebut akan terganggu, sehingga tulang rawan tidak bertahan diposisinya atau tidak hidup 100%. Yang lain adalah contraction didalam hidung belum hilang, kemudian dilakukan operasi, sehingga menambah trauma pada jaringan hidung, sekaligus menambah proses contraction, akibatnya hidung akan tertarik ke bagian tengah hidung, mengakibatkan lubang hidung yang akan terlihat dari depan. Ini akan menyebabkan tampilan yang kurang baik. Sehingga bersabar sangat penting untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Baca juga: setelah 3 bulan operasi hidung boleh dibuat lebih mancung ?

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: