Mengapa sayatan operasi kelopak mata pada yang usia lebih tua akan lebih panjang?

Proses penuaan (aging) akan terjadi pada setiap manusia. Tetapi proses ini akan berbeda setiap orang. Ada yang lebih cepat ada yang lambat. Bahkan sesama saudara kandung, misalnya sering kakaknya lebih terlihat muda daripada adiknya sendiri. Bahkan terkadang yang tidak rutin melakukan perawatan wajah justru terlihat lebih muda. Bagaimana dengan kelopak mata? Mengapa sayatan operasi kelopak mata pada yang usia lebih tua akan lebih panjang?

Semakin usia biasanya akan ada kelemahan dari otot, kelebihan kulit dan dan berkurangnya volume (ketebalan) dari kulit, membuat kulit terlihat kendur. Tetapi kekenduran akan terlihat hanya dibagian samping wajah. Misalnya alis, kelopak mata bagian samping, pipi. Ini bagian-bagian yang paling sering terlihat kendur. Bagian tengah seperti hidung dan dagu jarang mengalami perubahan. (baca : bagaimana menjaga supaya kelopak mata tetap cantik)

Operasi kelopak mata biasanya dilakukan karena menginginkan mempunyai kelopak mata atau membuang kelebihan kulit. Juga bisa dilakukan keduanya bersamaan. Pada yang usianya lebih muda tentunya tidak mempunyai kelebihan kulit, biasanya tidak diperlukan sayatan lebih panjang. Sayatan dapat diletakkan didalam lipatan sehingga bekas jahitan tidak terlihat jika kelopak mata terbuka. Pada usia yang lebih lanjut akan ditemukan kelebihan kulit terutama di bagian terluar kelopak mata sehingga dibutuhkan sayatan lebih panjang untuk membuang kelebihan kulit tersebut.

Lihat disini video penjelasan operasi kelopak usia yang lebih muda

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: