Mengurangi bengkak setelah operasi kantung mata

Setelah operasi kantung mata, sangatlah normal mengalami bengkak. Bengkak yang terjadi bisa bervariasi, ada yang biru dan ada yang bahkan tidak terlihat bengkak sama sekali. Bagaimana cara mengurangi bengkak setelah operasi kantung mata ?

Pada saat memutuskan operasi kantung mata, sebaiknya sudah dipersiapkan jika terjadi bengkak. Misalnya dari segi waktu. Jika anda bekerja mungkin anda butuh cuti. Jika anda sering mengikuti kegiatan-kegitan sosial, mungkin anda harus merencanakan waktu yang terbaik. Jika anda ingin mengadakan acara penting, operasi mesti disiapkan kapan waktu yang terbaik sehingga anda bisa tampil yang terbaik. (Baca : kapan bisa menghadiri suatu acara setelah operasi plastik kantung mata)

Bengkak terjadi setelah operasi kantung mata akibat adanya trauma pada jaringan sehingga tubuh berproses untuk mempercepat penyembuhan. Jadi bengkak itu normal. Yang menentukan bengkak akan lama atau tidak adalah akibat darah yang encer, atau penyembuhan yang terlambat. Jadi sebelum operasi mesti cek laboratorium darah, apakah ada penyakit lain yang menghambat penyembuhan.

Sebelum operasi juga sebaiknya menghindari makanan dan minuman juga suplemen yang membuat darah encer. Seperti vitamin E, Omega 3 ( minyak ikan), aspirin. Jika obat-obat yang penting dan harus dikonsumsi, seperti obat jantung dan tekanan darah tinggi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam yang menangani penyakit anda. Mintalah rekomendasi bahwa boleh dioperasi dan aman untuk dilakukan pembiusan. Dokter anda akan menyarankan obat-obat apa yang harus tetap dikonsumsi atau dapat dihindarkan sementara. Karena memang lebih penting mengutamakan penyakit jantung dan tekanan darah daripada operasi plastik.

Lalu adakah makanan yang harus dihindari untuk mengurangi bengkak setelah operasi kantung mata?

Makanan dan minuman yang membuat tekanan darah lebih tinggi, seperti kopi, alkohol, wine, rokok juga sebaiknya dihindari. Sebaiknya dipersiapkan 2 minggu sebelum operasi dan dilanjutkan 2 minggu setelah operasi. (baca : makanan dan minuman yang dihindari setelah operasi)

Setelah operasi disarankan untuk rajin kompres dingin sesering mungkin. Pada saat istirahat kepala diberikan bantal sehingga posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh. Aktivitas ringan saja yang diperbolehkan. Selama 3 hari post operasi, sebaiknya mata juga sering diistirahatkan.

Baca juga : kapan boleh makeup setelah operasi kantung mata

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: