Proses penyembuhan operasi kantung mata

Untuk mempertimbangkan jika melakukan tindakan operasi sebaiknya diketahui efek samping dari operasi itu. Sehingga kita bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali beraktifitas seperti biasa. Apa saja efek samping dari operasi kantung mata ? Bagaimana proses penyembuhan operasi kantung mata ?

Pada dasarnya efek samping dan proses penyembuhan operasi kantung mata sama dengan proses penyembuhan operasi kelopak mata. Mulai dari bengkak, kemudian memar. Memar yang paling berat akan berwarna gelap, seperti biru, kemudian menjadi hijau, kuning dan menghilang. Setiap orang akan berbeda. Ada yang hanya berwarna kuning saja. Jika demikian akan lebih cepat pemulihannya.

Efek samping lainnya bisa juga  terjadi mata sering berair, pandangan kabur. Ini terjadi karena bengkak. Sering juga selaput pada bola mata menebal, ada juga kemerahan pada bola mata. Biasanya ini akan terjadi sementara. Kemudian berangsur menghilang. Memar pada kulit kantung mata biasanya akan lebih cepat menghilang daripada memar pada bola mata (conjunctival bleeding).

Karena bengkak pada kantung mata, sehingga mungkin akan terjadi volume yang bertambahkan pada kantung mata karena cairan bengkak, bengkak juga akan membuat tarikan (contraction) sehingga kelopak mata bagian bawah mungkin akan tertarik kebawah (ectropion). Hal ini juga akan perlahan kembali seperti normal.

Jadi bagaimana cara mencegah dan mengatasi hal ini ? silahkan baca disini.

Efek samping ini akan terjadi segera setelah operasi dan puncaknya 48 jam pascaoperasi. Kemudian berangsur pulih. 7 hari pascaoperasi akan di lihat luka operasinya dan jahitan akan dilepas. Saat itu masih bengkak walaupun sebagian orang tidak terlihat bengkak. Sebenarnya sel jaringan sendiri belum kembali pulih. Kantung mata masih mudah membengkak. Sehingga tidak disarankan berolahraga berat. Olah raga ringan boleh setelah 2 minggu.

Setelah 1 bulan diperbolehkan memakai riasan dan kacamata (anjuran ini mungkin akan berbeda dengan dokter bedah plastik lain). Dan diperbolehkan berolahraga berat. Kenapa memakai riasan, karena masih sangat normal kalau setelah 1 bulan belum terlihat natural. Memakai riasan pada kantung mata akan membuat seseorang menjadi lebih percaya diri untuk menutupi kantung mata yang masih belum natural.( Baca kapan boleh memakai riasan)  Mungkin masih tersisa efek samping yang disebutkan diatas. Setelah 3 bulan biasanya akan lebih percaya diri walaupun tidak memakai riasan pada kantung mata. Tetapi sebenarnya selnya juga belum benar-benar pulih. Jadi setelah 6 bulan pascaoperasi biasanya akan ada perbedaan lagi. Mungkin yang tadinya setelah 1 bulan pascaoperasi seperti masih tersisa kantung mata, jadi menghilang setelah 6-9 bulan. Perubahan setelah 6 bulan biasanya tidak sebanyak perubahan sebelum 6 bulan.

Setelah 1-2 tahun biasanya perubahannya akan terlihat. Bisa saja kantung mata tetap sedikit terlihat walaupun sudah dilakukan proses tindakan operasi dengan transposisi lemak (lemak tidak dibuang tetapi disebarkan didaerah yang cekung). Jadi sebenarnya kantung matanya bukan kembali lagi, tapi daerah yang cekung tidak dapat dikoreksi sempurna hanya dengan lemak kantung mata, tetapi butuh pengisian lebih misalnya dengan transfer lemak atau filler. Selain itu ada perasaan kaku atau tertahan pada saat ekspresi wajah akan menghilang menjadi normal kembali.

Jadi bagaimana kesimpulan proses penyembuhan operasi kantung mata?? panjang yaa perjalanannya. Benar sekali operasi plastik itu cara instant untuk merubah penampilan. Dalam sekejab kantung mata akan menghilang. Tetapi hasil yang sempurna dan natural membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Jadi, sebaiknya mempertimbangkan waktu yang terbaik untuk melakukan tindakan ini. Sehingga tidak mengganggu aktivitas anda.

Baca juga menjaga kantung mata tetap cantik setelah operasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: