Bagaimana bekas jahitan operasi hidung

Biasanya kita menginginkan operasi hidung dengan hasil yang natural. Jarang sekali yang menginginkan hasil operasi hidung jadi terlalu nyata. Memang ada beberapa yang menginginkan hidung tinggi semaksimal mungkin. Walaupun belum tentu saya bersedia melakukannya. Tetapi semua orang menginginkan bekas yang tidak terlihat. Bagaimana bekas jahitan operasi hidung ?

Ada beberapa letak sayatan yang biasa dilakukan pada operasi bedah plastik hidung.

1. Cara tertutup (closed) di dalam lubang hidung sebelah kanan atau kiri atau keduanya.

2. Cara terbuka (open) pada bagian tengah sekat hidung (columella) diteruskan ke bagian dalam kiri dan kanan.

Keuntungan cara tertutup adalah menghindari luka terlihat dari luar. Sedangkan keuntungan cara terbuka adalah dapat melihat dengan jelas struktur didalam hidung, sehingga memudahkan untuk merekonstruksi bentuk hidung.

Jika tindakan hanya menggunakan implant silikon berbentuk L, biasanya sayatan cukup didalam salah satu lubang hidung.

Jika tindakan memerlukan tulang rawan, terlebih tulang rawan dari septum (sekat hidung) biasanya memerlukan tehnik open. Walaupun ada dokter yang mungkin cukup trampil sehingga hanya memerlukan tehnik tertutup walaupun menggunakan tulang rawan.

Saya sendiri melakukan tindakan dengan tehnik terbuka. Alasan saya untuk lebih mudah merekonstruksi hidung dan menilai simetris pada saat tindakan. Karena saya menggunakan tulang rawan untuk membentuk ujung hidung. Menurut saya bekas sayatan makin lama makin samar.

Baca juga : Apakah ujung hidung bisa lebih tinggi jika kulit tipis

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: