Seberapa penting pemeriksaan darah sebelum operasi bedah plastik

Perlu diketahui bahwa hasil operasi bedah plastik yang baik dipengaruhi oleh persiapan sebelum (pre) operasi dan perawatan pasca operasi. Pemeriksaan darah sebelum operasi berguna untuk mengetahui apakah ada faktor yang dapat mempengaruhi pada saat tindakan, misalnya perdarahan. Dapat pula mempengaruhi penyembuhan luka. Penyembuhan luka yang terganggu dapat menyebabkan masa pemulihan lebih lama, hasil yang kurang memuaskan atau bekas operasi yang kurang samar. Seberapa penting pemeriksaan darah sebelum operasi bedah plastik ?

Misalnya Hb (haemoglobin) ini penting sekali karena Hb membawa zat yang diperlukan untuk penyembuhan luka. Jika Hb kurang dari normal mungkin penyembuhan jadi terhambat, luka lambat untuk kering mungkin akan mengakibatkan infeksi atau bekas yang terlihat (keloid).

Leukosit jika lebih tinggi dari nilai normal biasanya akibat tubuh sedang melawan penyakit infeksi, misalnya batuk atau pilek. Biasanya suhu tubuh lebih tinggi dari normal (demam) sehingga pembuluh darah lebih melebar dan gampang untuk bengkak. Jadi pemulihan akan lebih lama karena bengkak yang lebih dari normal.

Faktor-faktor lain juga mungkin akan dibutuhkan untuk melihat apakah ada resiko lain. Yang berhubungan dengan operasi atau pembiusan.

Jadi pemeriksaan laboratorium darah sangat penting sebelum operasi plastik. Supaya segala resiko operasi dapat diminimalkan. Sehingga hasil operasi akan lebih maksimal dan penyembuhan akan lebih cepat. (baca: proses penyembuhan operasi kantung mata)

Apa saja jenis pemeriksaan laboratorium yang dibutuhkan sebaikan ditanyakan ke dokter bedah plastik anda saat konsultasi. Mungkin akan berbeda tergantung dari jenis tindakan, usia dan riwayat penyakit atau riwayat operasi sebelumnya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: