9 RAHASIA OPERASI PLASTIK

 

HENDRI ANDREAS, SP BP – RE

FOUNDER D ELEGANCE CLINIC

 

9 RAHASIA YANG HARUS KAMU KETAHUI SEBELUM OPERASI PLASTIK

 

Hak Cipta 2021 oleh dr.Hendri Andreas, Sp. BP – RE

Catatan :

E-book ini ditulis guna memberikan informasi mengenai treatment dan opsi untuk masalah penuaan dan kecantikan pada masa kini. Ditulis berdasarkan pendapat salah satu dokter bedah plastik, dan informasi ini tidak mutlak berupa informasi tentang pendapat seluruh dokter bedah plastik. Sebelum melakukan tindakan bedah plastik, atau melakukan treatment kecantikan, sebaiknya kamu melalukan konsultasi dengan dokter bedah plastik yang akan menangani kamu, fungsinya untuk memastikan agar tidak mempengaruhi kesehatan kamu. Tulisan ini hanyalah salah satu yang direkomendasikan, dan penulis dengan tegas menyatakan tidak bertanggung jawab apabila terjadi efek merugikan yang akan timbul apabila menerapkan informasi yang tertuang dalam tulisan.

 

 

PENDAHULUAN

Begitu banyak informasi tentang tindakan operasi bedah plastik. Mulai dari kesalahan informasi mengenai implan payudara yang katanya tidak akan pernah berubah, lalu bedah kosmetik yang lebih baik daripada ahli bedah plastik, kemudian informasi tentang sedot lemak yang katanya merupakan satu-satunya solusi untuk menangani hilangnya lemak di pinggang. Atau asumsi tentang ahli bedah plastik yang bisa menghilangkan semua bekas luka. Atau pasien yang mengunjungi dokter bedah plastik karena saran temannya yang menyuruhnya menemui dokter yang ia dengar di stasiun radio tertentu.

Era modern seperti ini yang serba digital, tidak sulit mendapatkan informasi mengenai operasi plastik dari internet, misalnya situs web, social media, forum obrolan, serta acara televisi.

Apabila kamu memutuskan untuk menjalani tindakan operasi plastik, kamu pasti sudah melakukan konsultasi bersama ahli bedah plastik. Melalui konsultasi tersebut, dokter akan menjelaskan secara terperinci tentang tindakan operasi, risiko, serta segala hal tentang tindakan operasi dalam jangka waktu panjang. Ini lah alasan mengapa dibuatnya e-book ini untuk kamu. E-book ini akan menjelaskan dan mengklarifikasi tentang beberapa mitos tentang tindakan operasi plastik agar kamu tidak menjadi korban malpraktek operasi plastik  atau kesalahan informasi yang kamu dapatkan tentang bidang bedah plastik. E-book ini ditulis untuk tujuan memberikan informasi tentang tindakan operasi plastik agar kamu bisa memilah treatment yang tidak perlu dan tidak menjadi korban malpraktek bedah plastik.

1.  DOKTER SPESIALIS APAPUN DAPAT MELAKUKAN TINDAKAN OPERASI PLASTIK SECARA HUKUM


Pada masa saat ini, operasi plastik bisa dilakukan oleh semua spesialis dokter. Mulai dari spesialis kulit, THT, hingga dokter umum, memutuskan untuk melakukan tindakan operasi plastik. Kondisi ini terjadi di banyak Negara, juga di Negara Indonesia, di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya. Tindakan operasi plastik bisa dilakukan oleh dokter spesialis apa pun selama kamu menyetujuinya dengan memberikan tanda tangan pada formulir persetujuan.

2.  BEKAS LUKA PERMANEN, DAN TIDAK BISA DIPREDIKSI 100% TIMBULNYA BEKAS LUKA

Apabila bekas luka bisa “dipastikan” hilang, maka itu pasti sangat mengagumkan. Sayangnya, bekas luka tidak bisa hilang tanpa jejak. Tindakan operasi kecil pun akan memunculkan bekas luka, karena bekas sayatan. Baru kemudian bekas luka tersebut akan mulai sembuh setelah 7 hari, sebulan, bahkan sampai 6 – 12 bulan. Selanjutnya, bekas luka akan matang, dan bekas luka akan terlihat (normotrofi), cekung (hipotrofi), atau menonjol (hipertrofi). Warna luka akan berubah-ubah, di awal akan terlihat merah, kemudian menjadi lebih pucat. Akhirnya akan berwarna putih atau bahkan lebih gelap dari kulit di area sekitarnya.

3.  PERAWATAN WAJAH AKAN LEBIH EFEKTIF DALAM WAKTU      PEMULIHAN DIBANDINGKAN TINDAKAN OPERASI

 

Sebenarnya, penuaan pada wajah terjadi dalam tiga cara utama, yaitu kendur, kehilangan volume, dan kulit yang terlihat lebih tua.

Facelift faktanya hanya mengatasi kulit kendur. Sedangkan kulit kamu menua dimana cirinya berupa kerutan halus, flek hitam, kusam, dan tidak terlihat cerah. Tanda- tanda penuaan ini menjadi alasan utama wajah terlihat lebih tua. Facelift dan operasi pengangkatan kelopak mata mungkin tidak bisa menghaluskan garis-garis pada wajah, mengencangkan pori, menghapus bintik penuaan, dan mengembalikan kilau awet muda yang dapat menghabiskan waktu 10 – 20 tahun lalu.

  

4.  MENGHILANGKAN LEMAK TANPA MELAKUKAN TINDAKAN OPERASI

Beberapa tahun yang lalu, salah satu untuk menghilangka lemak adalah dengan melakukan diet, olahraga rutin, atau dengan melakukan tindakan operasi plastik. Namun, seiring berjalannya waktu, ada beberapa perawatan non bedah yang bisa menghilangkan lemak secara permanen, diantaranya coolsculpting, ultrashape, sculpsure, vanquish, dan liposonix. Kelima cara tersebut dapat mengurangi lemak sampai dengan 10 – 35 %, tetapi membutuhkan beberapa bulan untuk melihat hasil akhirnya.

5.  85% PASIEN YANG MENJALANKAN OPERASI PLASTIK TIDAK MEMILIKI OPERASI SEBENARNYA

Pada tahun 2015, American Society for Aesthetic Plastic Surgery (ASAPS) menyatakan apabila lebih dari 85% pasien operasi plastik tidak menjalani operasi plastik. prosedur bedah, mulai dari perawatan laser hingga injeksi (misalnya botox  dan filler).

Kurang dari 15% pasien operasi plastik menjalani operasi yang sebenarnya., dimana jumlahnya menurun pada tiap tahunnya.  Kemajuan perawatan non-bedah menjadi penyebab jumlah pasien meningkat hingga 6 kali lipat dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

6.  IMPLAN PAYUDARA AKAN MEMBUAT PAYUDARA TERKULAI  SEBELUM  WAKTUNYA

Tindakan membesarkan payudara adalah operasi kosmetik yang cukup populer di Amerika Serikat. Pada tiap tahunnya, lebih dari 300.000 wanita memutuskan untuk menjalankan tindakan operasi ini, dengan tingkat kepuasan yang sangat tinggi. Namun, pembesaran payudara ini memiliki kelemahan. Salah satunya adalah bahwa penggunaan implan pada payudara menyebabkan payudara kendur lebih cepat daripada tidak menggunakan implan.

7.  UMUMNYA, KEBANYAKAN DOKTER MELAKUKAN OPERASI TERTENTU, LEBIH BAIK HASILNYA

Berapa banyak tindakan dokter yang kamu percayai? Ahli bedah yang dinilai lebih terampil memiliki hasil yang lebih baik, juga komplikasi yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan ahli bedah yang dinilai kurang terampil.

8.  JUMLAH WAKTU YANG DILAKUKAN DOKTER UNTUK KONSULTASI DENGAN ANDA BIASANYA MENCERMINKAN INDIKASI WAKTU YANG AKAN DIGUNAKAN UNTUK MELAKUKAN OPERASI SEBENARNYA

Jika kamu mempertimbangkan untuk melakukan operasi plastik, langkah pertama dalam memilih ahli bedah plastik adalah menemuinya untuk konsultasi. Ada sebagian dokter yang menawarkan konsultasi secara gratis, tetapi ada pula yang mengenakan biaya.

9.           DOKTER YANG BER-IKLAN TIDAK MENENTUKAN DOKTER LEBIH BAIK

Ahli bedah plastik sangat penting untuk memiliki situs web, atau bahkan aktif di  sosial media, media cetak dan siaran lokal. Pertanyaannya, apakah citra sebuah ahli bedah yang terbaik adalah yang berada di majalah atau berada di iklan pencarian tertinggi? Jawabannya adalah Tidak.

Saya harap membaca e-book ini telah menghabiskan waktu dengan baik.  Jika kamu ingin membahas masalah ini lebih lanjut, silakan ikuti di Youtube dan baca informasi selengkapnya di buku “Change Your World”(coming soon). Silahkan ngobrol dengan saya disini. Kami pasti akan sangat senang menanggapinya.

Mari Melihat, Hidup, dan Menjadi Lebih Baik  !

 

 

 

 

dr.Hendri Andreas, Sp. BP – RE

Founder D Elegance Clinic

www.drhendriandreas.com

https://www.youtube.com/channel/UC2VkO9Xb7HRKswud3c4UFSA

error: Content is protected !!