Aturan Puasa Sebelum Operasi yang Benar, Yakin Sudah Tahu?

Aturan Puasa Sebelum Operasi – Bila kamu pernah jalani operasi, kamu bisa saja terima anjuran dari dokter untuk tidak minum dan makan sesudah larut malam sebelum hari operasi. Walau bagaimanapun, waktu puasa perlu dipertimbangkan dengan jam melaksanakan operasi, apa lagi jika puasa dilaksanakan pada sore hari.

Lalu, mengapa aturan puasa sebelum operasi perlu dilaksanakan? Satu diantaranya untuk menahan aspirasi paru-paru yang terjadi saat isi lambung masuk paru-paru. Ini mempunyai potensi menghalangi saluran udara dan menempatkan pasien pada resiko infeksi serius seperti pneumonia. Ingin ketahui lebih detil berkenaan operasi dan ketentuan puasa, baca secara lengkap di sini!

Baca Juga : Puasa Sebelum Operasi Seberapa Pentingkah? Cek Jawabannya disini!

Aturan Puasa Sebelum Operasi itu Bukan Puasa Berlebihan

Penting untuk diketahui bahwa makan sebelum operasi dapat membuat aspirasi paru-paru ialah suatu hal yang kecil kemungkinan untuk terjadi. Jikalau memang terjadi, nyaris tak pernah menciptakan kompleksitas jangka kematian atau panjang.

Puasa dalam durasi waktu yang panjang bisa menambahkan tidak nyamannya sepanjang pemulihan. Puasa bisa sebabkan sakit di kepala, mual, dehidrasi, dan pusing. Dehidrasi dapat serius dan merepotkan perawat untuk ambil darah untuk test yang dibutuhkan.

Aturan Puasa Sebelum Operasi

Penting untuk dipertimbangkan bahwa aturan puasa sebelum operasi harus juga penuhi beberapa aturan tertentu. Terkait aturan puasa untuk yang ingin menjalankan operasi menurut American Society of Anesthesiologists menjelaskan, aman untuk orang sehat dari semua umur yang akan menjalani operasi tetap bisa mengkonsumsi:

Cairan bening, misalnya saja air, teh tawar, kopi hitam, minuman berkarbonasi dan juice buah tanpa pulp, sampai dua jam sebelum operasi

Makanan ringan, seperti roti bakar dan teh dengan susu, sampai enam jam sebelum operasi

Makanan berat, misalnya seperti daging makanan berlemak, sampai delapan jam sebelum operasi

Banyak pasien harus ikuti ketentuan makan sesudah tengah malam. Ini termasuk beberapa orang yang mempunyai penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dan beberapa orang dengan gastric paresis (kelumpuhan lambung yang bisa terjadi pada beberapa orang yang menderita diabetes).

Beberapa orang ini mempunyai resiko muntah dan aspirasi yang bertambah sepanjang operasi dan harus diinstruksi untuk berpuasa dalam waktu yang lebih lama, seperti orang yang jalani operasi usus atau lambung.

Ingin ketahui lebih jelas berkenaan ketentuan makan sebelum operasi, tanya langsung DISINI untuk info lebih lengkapnya. Atau Anda bisa juga segera buat jadwal bertemu atau konsultasi online dengan menekan tombol di bawah ini:

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: