Benar Gak Sih Kronik Inflamasi Bikin Capek

Benar Gak Sih Kronik Inflamasi Bikin Capek?

Benar gak sih kronik inflamasi bikin capek? Hmm, kalau begitu kalau kita sering capek berarti itu tandanya kita mengalami inflamasi yang kronik? Tapi sebenarnya apa sih inflamasi itu? Dan memangnya ada inflamasi kronik? Yuk cari informasi di bawah ini!

Kronik Inflamasi Bikin Capek

Kalau tubuh kita mengalam suatu kondisi, misalnya jatuh atau memiliki bakteri, biasanya tubuh akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, tubuh akan mengirim sel radang supaya dapat menyerang bakteri, juga menyembuhkan jaringan yang rusak.

Akan tetapi bagaimana ada sinyal dari tubuh ketika tubuh kita tidak sakit atau terluka? Itu tandanya ada kemungkinan kita mengalami peradangan kronis. Peradangan ialah suatu gejala dari banyak penyakit kronis, contohnya radang sendi.

Apa itu inflamasi? Inflamasi merupakan suatu respon dati pertahanan tubuh dari infeksi atau cedera. Ketika inflamasi terjadi, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan zat dan sel kimia menuju area yang mengalami infeksi. Tujuannya untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi terjadinya infeksi.

Biasanya akan timbul rasa nyeri, memar, bengkak, atau muncul kemerahan. Namun, ada kemungkinan juga terjadinya peradangan yang dapat memengaruhi sistem tubuh dimana kita tidak bisa melihatnya. Umumnya, inflamasi bisa terjadi di hampir seluruh tubuh, tapi berkonsentrasi pada area yang mengalami infeksi dan cedera. Selain itu, infeksi pun juga bisa terjadi di dalam tubuh seperti saluran pencernaan, pernapasan, dan lainnya.

Nah, inflamasi ialah memang penting dalam proses penyembuhan tubuh, tetapi jika terjadi terus menerus pun dapat menimbulkan masalah kesehatan. Contohnya obesitas, diabetes, jantung, dan lainnya. Karena itu, penting bagi kita untuk menyembuhkan inflamasi dengan cara yang tepat. Misalnya dengan menjalani pola hidup yang sehat seperti makan makanan yang sehat, berolahraga, dan memanajemen stres dengan baik.

Apa saja tanda-tanda tubuh mengalami inflamasi? Tandanya berupa berwarna kemerahan, nyeri, bengkak, dan panas. Selain itu, bisa juga tubuh menjadi lemas, demam, dan mengalami perubahan mood.

Inilah Beberapa Jenis Inflamasi!

Tahukah kamu bila terdapat dua jenis inflamasi? Berikut kedua jenis inflamasi yang sebaiknya kita ketahui, mulai dari penjelasan serta tanda-tandanya.

Jenis inflamasi ini muncul karena adanya cedera atau infeksi yang baru terjadi. Biasanya terjadi dalam jangka waktu tertentu, dalam beberapa hari atau minggu. Selain itu, prosesnya lebih singkat dan terjadi karena aliran darah serta edema meningkat.

Tanda-tanda nya berupa muncul kemerahan, bengkak, panas, dan nyeri pada area yang mengalami infeksi dan cedera. Nah, jenis inflamasi ini biasanya merupakan proses dari penyembuhan tubuh, tetapi bila tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan masalah kesehatan.

Merupakan suatu inflamasi dalam jangka waktu cukup lama, biasanya terjadi dalam beberapa minggu. Tanda-tanda nya memang tidak terlalu jelas, tapi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bila tidak ditangani dengan baik.

Biasanya terjadi bila proses penyembuhan terhadap radang akut tidak sempurna. Atau bisa juga karena muncul penyebab ringan dan berulang-ulang. Dari kondisi tersebut menyebabkan seseorang mengalami penyakit kronis, contohnya jantung, asma, dan arthritis, dan lainnya. Namun, bisa juga karena gaya hidup, stres, obesitas, dan kebiasaan merokok.

Jadi kronik inflamasi bikin capek, karena oksigenasi ke jaringan berkurang sehingga mitokondria menjadi rusak, lalu muncul masalah ginjal dan menyebabkan kita mudah capek. Pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Tim kami siap membantu anda. Apakah ada yang ingin ditanyakan?
CS D'elagance Tebet
Admin
CS D'elegance Green Lake
Admin
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: