Mudah dan Murah, Begini Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Kaki!

Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Kaki – Untuk Anda yang jarang menjaga kulit kaki, sudah banyak sel kulit mati yang menumpuk dan mengakibatkan kulit hitam dan menebal di area itu. Bagaimana cara hilangkan sel kulit mati supaya warna kulit di kaki kembali cerah? Baca pembahasan ini.

Ini cara menghilangkan sel kulit mati di kaki

Jaga kebersihan kulit kaki sama pentingnya dengan menjaga kulit wajah. Kulit kaki yang tidak terurus pasti kelihatan lusuh, kering, pecah, dan tebal.

Walau demikian, Anda tak perlu kuatir. Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk hilangkan kulit mati di kaki. Ini berfungsi kembalikan warna kaki supaya terlihat cerah dan sehat.

1. Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Kaki dengan Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi ialah cara menghilangkan sel kulit mati dalam tubuh dari susunan luar kulit Anda. Cara ini dinilai bisa menjaga kulit lebih bagus, termasuk mengangkat sel kuli mati di kaki.

Walau demikian, eksfoliasi perlu dilakukan dengan berhati-hati dan melihat dulu bagaimana keadaan kaki saat sebelum melakukan.

Eksfoliasi di kaki juga ada dalam beragam jenis, seperti scrub kaki, menyikatnya, sampai memakai alat electronic.

Scrub Kaki

Scrub kaki ialah cara mengangkat sel kulit mati di kaki yang cukup terkenal. Cara ini dilakukan dengan lulur khusus kulit kaki yang bisa didapat di toko atau membuat sendiri di rumah.

Anda dapat menambahkan madu, air hangat, dan gula sebagai bahan scrub alami untuk kaki supaya terlihat lebih sehat.

Chemical peeling

Selainnya scrub kaki, chemical peeling atau eksfoliator kimiawi bisa juga dipakai sebagai cara menghilangkan sel kulit mati dalam tubuh, termasuk kaki. Metode yang ini umumnya cuman dibolehkan dengan bantuan pakar dermatologi atau dokter kulit.

Ini karena chemical peeling memanfaatkan losion atau cairan encer yang memiliki kandungan beragam jenis asam. Jenis asam ini membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat sel kulit baru yang sehat.

Contoh senyawa yang dipakai dalam eksfoliasi kimiawi, yakni:

  1. salisilat,
  2. glikolat, dan
  3. retinol untuk kulit.

Ke-3 jenis bahan kimia itu bekerja dengan cara yang berbeda. Tetapi, asam yang sudah disebut itu sama-sama memperbaiki warna dan struktur kulit.

Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati

Mechanical exfoliation

Untuk Anda yang ingin menghilangkan sel kulit mati di klinik kecantikan kemungkinan ditawari perawatan mechanical exfoliation.

Cara mengangkat sel kulit mati yang ini memakai alat khusus yang disebutkan granular dan proses pengelupasan ini mencakup:

  • mikrodermabrasi,
  • microneedling,
  • dermablading, dan
  • penggunaan sikat khusus.

Cara hilangkan sel kulit mati dalam tubuh ini lebih agresif, tapi menunjukkan struktur kulit yang lebih lembut dan rata. Bahkan, produk perawatan kulit diserap lebih bagus dan bisa merangsang produksi collagen jika dilakukan dengan teratur.

2. Rendam kaki dengan larutan garam juga bisa jadi Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Kaki

Selain eksfoliasi, cara yang lain untuk hilangkan sel kulit mati di kaki ialah merendamnya dengan larutan garam khusus, yakni garam epsom.

Sebagian dari Anda kemungkinan berasa sudah cukup saat membersihkan kaki saat mandi. Kenyataannya, merendam kaki dengan kombinasi air dan garam epsom rupanya dapat menolong hilangkan sel kulit mati.

Ini karena garam epsom mengurangi kelembapan dari kulit Anda, hingga bakteri tak lagi bisa bertahan hidup di kaki Anda.

Cara membuat:

  1. Campurkan 8 sdm sama air hangat dalam bak atau ember besar
  2. Rendam kaki sepanjang 10 sampai 20 menit

Anda bisa juga menukar garam epsom dengan cuka. Tetapi, harus diingat jika Anda tidak dianjurkan merendam kaki saat kulit cedera atau mempunyai luka terbuka. Masalahnya kulit yang terluka dan direndam oleh larutan itu bisa membuat iritasi kulit Anda.

Jika Anda lebih sukai mandi, bersihkan kaki secara menyeluruh dengan kain bersih dan yakinkan untuk menggosok antara jari-jari kaki.

3. Gunakan pelembap

Sesudah eksfoliasi atau merendam kaki, seharusnya selalu pakai produk pelembap sebagai cara mengangkat sel kulit mati. Dikutip dari American Academy of Dermatology, cara ini jaga kelembapan kulit supaya masih tetap sehat dan terhidrasi.

Sambil mengoleskan pelembap di kaki, lakukan pijatan ringan supaya kaki lebih santai dan sirkulasi darah jadi lebih lancar.

4. Gunakan batu apung (pumice stone)

Batu apung ialah jenis batu yang seperti spons dan terbentuk selama pendinginan dan pemadatan lava cair. Lalu, apa hubungannya batu apung dengan cara hilangkan sel kulit mati di kaki?

Sebetulnya, batu apung kerap digunakan sebagai cara mengangkat sel kulit mati pada kulit badan yang kapalan. Pemakaian batu ini mempunyai tujuan untuk kurangi penekanan atau gesekan yang bisa mengakibatkan merasa sakit.

Cara memakainya:

  1. Rendam kaki di air sabun hangat selama 5 menit
  2. Basahi batu apung
  3. Gosokkan batu apung pada kulit kaki dengan lembut selama 2 – 3 menit
  4. Basuh kaki dan batu sesudah dipakai

Selalu berhati-hati saat menggosokannya batu apung pada kulit kaki. Terlalu keras atau terlalu banyak kulit mati yang terangkat malah bisa mengakibatkan luka dan infeksi.

5. Pakai cuka apel juga dapat digunakan sebagai Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Kaki

Selainnya dipakai sebagai obat jerawat, cuka apel dapat dipakai untuk mengangkat sel kulit mati. Bukan hanya itu, cuka yang berasal dari sari apel ini bisa menghaluskan kaki dan menangani tumit kaki pecah.

Cara memakainya:

  1. Campur air dingin dan air cuka
  2. Rendam kaki selama 10 menit
  3. Gosokkan batu apung untuk hasil yang optimal
  4. Keringkan dengan handuk
  5. Berikan pelembap di kaki

Menjaga kulit kaki pasti penting mengingat ada beberapa bakteri yang bisa melekat pada wilayah itu. Dengan menjaga kebersihan kulit kaki, warna kaki juga terlihat cerah dan terbebas dari permasalahan kulit.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: