Mitos Atau Fakta, Cokelat Dapat Menurunkan Berat Badan?

Cokelat Menurunkan Berat Badan – Sejauh ini, cokelat kerap kali jadi salah satunya musuh bebuyutan untuk mereka yang sedang diet. Tetapi, ada juga yang mengeklaim cokelat dapat menurunkan berat badan.

Banyak yang menyangsikan claim ini karena produk cokelat kebanyakan tinggi lemak dan gula. Lalu, bagaimana caranya makan cokelat malah membuat berat badan turun?

Apakah benar cokelat menurunkan berat badan?

Ya, cokelat rupanya dapat menolong kurangi berat badan. Ada banyak hasil riset yang memperlihatkan kegunaan cokelat ini.

Penelitian mendapati jika cokelat dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan tingkatkan rasa kenyang dan menahan pembangunan lemak.

Cokelat tingkatkan rasa kenyang semakin lama

Pada intinya, berat badan akan naik jika Anda terus-terusan menambahkan konsumsi kalori dan kurang beraktivitas fisik. Cokelat menurunkan berat badan dengan menjaga rasa kenyang dalam saat yang lebih lama.

Hal itu dapat menolong mengontrol keinginan ingin makan banyak pun berkurang hingga jumlah konsumsi kalori juga berkurang. Ini penuturannya berdasar riset.

Cokelat berguna untuk bakteri usus

Dalam sebuah riset dari Journal of Functional Foods mengatakan jika konsumsi cokelat sanggup tekan rasa lapar, dampaknya kelihatan sesudah 4 minggu. Kandungan flavonoid sanggup menstimulasi perkembangan bakteri baik pada usus.

Bakteri baik ini akan hasilkan asam lemak rantai pendek yang sanggup mengatur gairah makan. Asam lemak rantai panjang memacu pelepasan hormon peptide-YY dan hormon glukagon-likepeptide-1.

Hormon peptide-YY kurangi selera makan dan glukagon-likepeptide-1 menghalangi pengosongan lambung. Rasa kenyang juga bertahan lebih lama.

Lemak pada cokelat akan lebih lama di cerna

Riset lain menjelaskan langkah kerja cokelat menurunkan berat tubuh. Study yang terbit di jurnal Nutrition and Diabetes menjelaskan lemak pada cokelat datang dari mentega kakao.

Badan memerlukan waktu yang lama untuk mengolah lemak mentega kakao. Maka konsumsi cokelat membuat perut berasa lebih penuh dan tidak gampang lapar.

Cokelat kaya protein yang tingkatkan metabolisme hingga meningkatkan rasa kenyang dan akan membantu proses penurunan berat badan.

Cokelat menghalangi pembentukan lemak badan

Dilansir dari hasil study Critical Reviews in Food Science and Nutrition, konsumsi cokelat 30 gr setiap hari sepanjang 4-8 minggu dapat kurangi berat badan. Study ini menerangkan jika cokelat kaya kandungan flavonoid yang terbagi dalam epikatekin, prosianidin, dan katekin.

Ke-3 nya sanggup tingkatkan senstivitas insulin, menghalangi pembentukan lemak, dan tingkatkan pembentukan energi. Mengutip juga dari jurnal Biotechnology and Bioprocess Engineering, cokelat memiliki kandungan teobromin yang menghalangi pembentukan jaringan lemak. Kandungan cafein pada cokelat yang sanggup merusak lemak dan mengganti asupan gizi jadi energi.

cokelat menurunkan berat badan

Cara paling tepat makan cokelat untuk menurunkan berat badan

Bila ingin konsumsi cokelat untuk menurunkan berat badan, Anda perlu memerhatikan beberapa hal ini ini.

Pilih cokelat hitam alias dark chocolate

Jauhi cokelat putih dan cokelat susu karena memiliki kandungan tambahan gula, susu, lemak lemak trans, dan jenuh. Kandungan ini malah dapat membuat Anda cepat gemuk.

Pilih cokelat hitam karena lebih mengenyangkan dibanding cokelat susu. Cokelat hitam memiliki kandungan kadar kakao sebesar 70% ke atas.

Kandungan itu membuat rasa cokelat lebih pekat dan tingkatkan rasa bahagia saat mengonsumsinya. Cokelat hitam memakai lemak dari mentega kakao semakin banyak dibanding cokelat cokelat susu atau putih.

Kandungan senyawa flavonoid, cafein, dan teobromin pada cokelat hitam lebih tinggi. Ini akan tingkatkan efektifitas cokelat menurunkan berat tubuh.

Konsumsi satu potong kecil cokelat sesudah makan malam

Penting untuk diketahui bahwa waktu terbaik untuk makan cokelat untuk menurunkan berat badan ialah setelah makan dan saat sebelum. Ingat, cukup konsumsi satu potong kecil cokelat untuk jaga berat badan Anda masih tetap stabil. Ini menolong Anda kenyang lebih lama.

Seharusnya, konsumsi cokelat tidak lebih dari 20-30 gr setiap hari. Ini bermanfaat untuk batasi konsumsi cafein harian Anda. Bila kebanyakan, cafein akan membuat Anda susah tidur, dehidrasi, sampai jantung berdebar.

Olah menjadi cokelat panas

Selainnya makan cokelat batangan, Anda dapat konsumsi cokelat berbentuk cokelat panas tanpa gula. Campurkan sekitaran 1,5 sdm bubuk kakao tanpa gula ke seperempat cangkir air panas

Anda bisa menambah 1/2 cangkir susu bebas lemak dan tambah 1/4 cangkir air panas. Resep cokelat panas ini cuman memberi sekitaran 99 kalori untuk Anda. Maka tidak perlu kuatir berat badan akan naik sesudah minum cokelat panas.

Cokelat memanglah bisa menolong menurunkan berat tubuh. Tetapi, Anda perlu ingat jika cokelat yang Anda tentukan seharusnya cokelat hitam tanpa gula tambahan.

Tidak cuma itu, cokelat hitam sebagai makanan yang bagus untuk kesehatan jantung dan menurunkan penekanan darah.

Supaya penurunan berat badan lebih maksimal, selalu imbangi dengan berolahraga dan jaga konsumsi harian, ya. Semoga artikel tentang cokelat menurunkan berat badan ini bisa membantu Anda yang sedang proses turunkan berat badan.

Ingin mendapatkan saran terbaik dari ahlinya, Anda bisa langsung klik tombol dibawah untuk buat janji bertemu dengan dokter.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: