Dokter Bedah Plastik: Ukuran Ideal Implan Payudara yang Sesuai

Merasa kurang percaya diri dengan ukuran payudara yang kecil? Sedangkan wanita di sekitarmu memiliki ukuran payudara yang lebih besar darimu? Masih adakah anggapan bahwa ukuran payudara yang besar merupakan yang paling ideal? Tunggu dulu, ukuran payudara yang besar belum tentu yang ideal. Kenapa? Apa alasannya? Karena, adanya kriteria proporsi ideal yang harus diperhitungkan lebih dulu untuk mendapatkan ukuran payudara yang ideal. Ini pun menjadi alasan mengapa dibutuhkan pertimbangan secara menyeluruh dengan dokter bedah plastik ketika memasang implan payudara. Lalu, sebenarnya berapa ukuran payudara yang ideal menurut dokter bedah plastik?

Payudara merupakan struktur organ yang terletak di atas otot pektoralis atau otot dada. Payudara tersusun atas jaringan glandular yang memiliki fungsi untuk memproduksi ASI (Air Susu Ibu) serta jaringan lemak. Volume atau jumlah lemak tersebut yang sedikit banyak menentukan ukuran payudara pada setiap wanita. Selain itu, juga terdapat jaringan ikat dan ligamen yang memiliki fungsi untuk menopang dan memberikan bentuk pada payudara. Payudara juga memiliki ujung saraf, pembuluh limfe dan pembuluh darah di sekitarnya. Perkembangan payudara umumnya dimulai usia sembilan hingga sebelas tahun dengan bentuk breast bud yang akan membesar hingga mencapai ukuran yang menetap yaitu pada usia tujuh belas tahun.

Perbedaan ukuran payudara setiap wanita terjadi karena adanya beberapa faktor yang mungkin saja menjadi penyebab. Faktor tersebut antara lain faktor genetik (memiliki peran besar dalam menentukan bentuk dan ukuran payudara), berat badan (berat badan mempengaruhi jumlah lemak dalam payudara), latihan fisik (terutama yang melatih otot dada seperti push up dan bench presses dapat membentuk otot di sekitar payudara dan membuat terlihat lebih kencang), kehamilan dan menyusui (terjadi perubahan hormon yang sangat signifikan ketika proses kehamilan dan menyusui. Faktor yang membuat ukuran payudara yang membesar selama kehamilan dan akan bertambah besar ketika menyusui).  

Ukuran payudara sebaiknya seimbang dengan tubuh. Hal ini bertujuan untuk membuat wanita tidak merasa terbebani. Dan untuk diameter payudara yang proporsional untuk wanita tergantung pada lebar bahu dan lingkar dada. Karena itu, untuk pemasangan implan payudara dilakukan setelah adanya pertimbangan dokter bedah plastik sebagai bentuk lanjutan dari konsultasi awal. Dengan panduan dari dokter bedah yang kompeten, ukuran payudara didapatkan sesuai dengan proporsi tubuh wanita. Ukuran proporsional tersebut akan membuat wanita merasa nyaman dan tampil lebih seksi dengan ukuran payudara yang tidak terlalu besar atau kecil (tepat). Jadi, sampai disini bisa disimpulkan bahwa payudara yang besar belum tentu ideal ya.

Apabila dibutuhkan keputusan untuk membesarkan payudara, maka prosesnya dilakukan dengan cara memasukan implan yang berisi gel silikon atau air garam steril. Dimasukkannya silikon atau air garam tidak dalam jumlah yang banyak sekaligus. Tetapi, disesuaikan dengan keinginan pasien. Dan dimasukan secara bertahap, dari 275 cc, 300 cc, atau 350 cc, hingga ukuran payudara sesuai dengan ukuran tubuh pasien. Keputusan ini pun harus berdasarkan konsultasi dengan dokter bedah plastik yang dilakukan dengan mendetail agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Untuk lebih lengkapnya mengenai ukuran payudara dan implan payudara yang ideal menurut dokter bedah plastik, bisa langsung kunjungi channel youtube dr. Hendri Andreas. Jangan lupa subscribe, like, dan comment. Dapatkan juga informasi mengenai bidang estetika lainnya di youtube channel tersebut, pastikan kamu sudah nyalakan loncengnya untuk informasi kecantikan terbaru.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: