Kapan boleh memakai riasan setelah operasi plastik kelopak mata?

operasi plastik kelopak mataOperasi kelopak mata biasanya dengan membuat lipatan baru. Lipatan baru kelopak mata bisa jadi lebih tinggi atau lebih rendah sesuai dengan yang diinginkan. Lipatan terbentuk karena ada hubungan langsung antara kulit dengan otot kelopak mata yang disebut levator. Hubungan ini tetap dijaga dengan menjahitkan kulit dengan otot kelopak mata tersebut. Sehingga pada saat membuka mata lipatan akan terbentuk. Kapan boleh memakai riasan setelah operasi plastik kelopak mata?

Setelah selesai operasi biasanya yang terjadi adalah bengkak. Bengkak akan berkurang setelah 48 jam pascaoperasi. Jahitan akan dibuka 7 hari setelah operasi. Tetapi lipatan belum cukup kuat untuk bertahan dari gesekan atau gerakan yang kuat, seperti menekan atau mengusap kelopak mata. Karena jahitan sudah dibuka, sebaiknya tidak ada gerakan gesekan atau mengusap kelopak mata. Pada saat terkena air misalnya mandi atau mencuci muka, sebaiknya dikeringkan dengan tissue, dengan cara menekan lembut. Kedua tangan memegang ujung tissue secara berlawanan. Bagian tengah tissue ditempelkan saja ke daerah operasi, jadi tangan tidak menekan mata.

Setelah 1 bulan pascaoperasi kelopak sudah cukup kuat mendapat tekanan, jadi pada saat ini diperbolehkan menggunakan riasan di kelopak mata dan alis. Hal ini penting sekali untuk diketahui untuk menjaga kelopak mata tetap indah pascaoperasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: