Kelopak mata berbeda 1 minggu setelah operasi

Setelah operasi yang timbul adalah bengkak. Bengkak muncul segera setelah operasi dan perlahan akan menghilang. Bagaimana jika kelopak mata berbeda 1 minggu setelah operasi ?

Pada saat operasi akan terjadi trauma pada pembuluh darah, hal ini tidak dapat dihindari. Trauma yang terjadi menimbulkan pembengkakan. Bengkak tidak hanya terjadi pada kelopak mata, tetapi juga pada selaput bola mata. Sehingga pandangan menjadi buram, terutama pada pagi hari. Dan membaik setelah siang hari. Kenapa demikian? karena pagi hari saat bangun tidur dari posisi berbaring. Hal ini meningkatkan pembuluh darah ke area mata. Sehingga bengkak akan terlihat lebih jelas pada pagi hari. Setelah bangun tidur dan memulai aktivitas biasanya bengkak akan turun karena gravitasi. Bagaimana jika sebelah kelopak mata lebih besar dari yang lain?

Pada saat operasi, sudah diukur berapa lipatan dan berapa kelebihan kulit yang harus dibuang. Setelah operasi akan terjadi bengkak. Bengkak setiap orang akan berbeda. Bahkan dengan orang yang sama, bagian kanan dan kiri belum tentu bengkaknya sama. Mungkin salah satu akan lebih bengkak dari yang lain. Kelopak mata yang bengkak biasanya ditandai dengan alis yang lebih tinggi. Sehingga kelopak akan terlihat lebih lebar. Kenapa alisnya lebih tinggi? Karena kompensasi dari kelopak yang lebih bengkak, akan sulit melihat karena mata sebagian tertutup kelopak. Sehingga alis lebih tinggi sebagai upaya untuk menaikkan kelopak mata agar mata lebih mudah melihat. Alis yang lebih tinggi juga membuat kelopak lebih lebar. Tetapi kondisi bengkak akan berangsur hilang sehingga kelopak mata akan sama kiri dan kanan.

Apa yang harus dilakukan agar mengurangi resiko bengkak? dengan meninggikan bantal kepala saat tidur dan rajin kompres dingin. Tidur yang lurus akan membuat bengkak pada kelopak lebih rata, dibandingkan tidur ke salah satu posisi. Jika tidur miring ke kanan bengkak sisi kanan akan lebih daripada kiri.

Baca juga apa yang terjadi setelah operasi kelopak mata.

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: