Kenalan dengan Septoplasty, Operasi untuk Memperbaiki Hidung Bengkok!

Septoplasty ialah proses pembedahan yang sudah dilakukan untuk meluruskan atau memperbaiki bentuk tulang rawan antara ke-2 lubang hidung (septum). Proses ini dibutuhkan karena bentuk septum yang tidak lurus bisa menghalangi satu sisi hidung, hingga aliran udara jadi terganggu.

Operasi septoplasty dilakukan untuk memperbaiki septum yang bengkok (deviasi septum) dengan memotong sisi yang bengkok, selanjutnya menata ulang posisi potongan septum jadi lurus. Dengan demikian, septum berada pas pada tengah-tengah hidung dan jalan napas ke-2 lubang hidung dapat kembali terbuka.

Proses tindakan Septoplasty

Saat sebelum melakukan proses ini, dokter mulai akan dengan pengecekan bagian dalam hidung, umumnya dengan melakukan endoskopi hidung. Anda akan dibuatkan jadwal operasi hidung septoplasty bila dokter menilai keadaan Anda memang membutuhkan pembedahan dan Anda setuju untuk dioperasi.

Di saat operasi, pertama kali dokter akan memberi bius terlebih dulu. Bius dapat berupa bisa bius lokal atau total. Kemudian, dokter akan membuat sayatan di satu sisi hidung Anda untuk mengangkat selaput lendir (mukosa) yang melindungi septum.

Selanjutnya, dokter akan mengganti bentuk septum yang bengkok. Dokter dapat memotong beberapa tulang atau kelebihan tulang rawan untuk membuat septum dapat berada di tengah-tengah. Kemudian, dokter akan menutup kembali septum dengan selaput mukosa.

Anda mungkin akan memerlukan jahitan, tetapi biasanya perban saja cukup untuk menjaga septum dan selaput lendir tetap ada pada posisinya. Umumnya proses bedah septoplasty cuman memerlukan waktu 30-90 menit, bergantung pada keadaan hidung masing-masing pasien.

Septoplasty

Efek Samping dan Resiko dari Operasi Hidung Bengkok

Biasanya septoplasty tidak memunculkan efek yang berarti. Walau begitu, sama dengan proses bedah yang lain, bedah septoplasty masih tetap mempunyai resiko, misalnya:

  • Pendarahan
  • Infeksi
  • Alergi bius
  • Warna hidung berbeda
  • Terbentuknya jaringan parut
  • Ada robekan atau lubang di septum
  • Fungsi indra penciuman turun

Sesudah operasi septoplasty usai, umumnya Anda langsung dibolehkan untuk pulang ke rumah. Buat kurangi resiko terjadinya efek pascaoperasi, ada banyak hal yang penting Anda kerjakan, yakni:

  • Jauhi kegiatan berat.
  • Jauhi buang ingus minimal tiga hari sesudah operasi septoplasty.
  • Tinggikan kepala saat tidur dengan memakai bantal yang ditumpuk.
  • Yakinkan Anda memahami perintah dari dokter mengenai perawatan dan penyembuhan hidung sesudah operasi septoplasty.

Persiapan yang Dapat Dilakukan Saat sebelum Proses ini Dilakukan

Ada banyak hal yang penting Anda persiapkan saat sebelum operasi septoplasty, diantaranya:

  • Jauhi konsumsi obat aspirin, ibuprofen, dan obat pengencer darah
  • Yakinkan dokter mengetahui semua riwayat kesehatan Anda, seperti bila ada riwayat pendarahan atau alergi obat
  • Bila operasi memakai bius keseluruhan, jauhi makan atau minum sesudah tengah malam sebelum hari operasi dilaksanakan.
  • Meminta bagian keluarga atau rekan untuk temani sepanjang operasi dan mengantarkan Anda pulang sesudah operasi dilaksanakan.

Operasi septoplasty bukan hanya untuk membenahi performa. Pada beberapa kasus, bengkoknya septum bisa mengakibatkan keluh kesah yang cukup mengganggu dan turunkan kualitas hidup seorang, misalkan mimisan gangguan tidur atau berulang.

Oleh karenanya, bila Anda berasa keadaan hidung Anda membutuhkan operasi septoplasty, tidak boleh ragu untuk konsultasi ke dokter ahli bedah plastik terkait hal ini. Dengan demikian, dokter bedah plastik dapat memberi perawatan dan anjuran yang paling sesuai dengan keadaan Anda.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: