Kopi Itu Sehat Tidak Ini Penjelasannya!

Kopi Itu Sehat Tidak? Ini Penjelasannya!

Kopi itu sehat tidak sih? Sering kan kita minum kopi, biasanya ketika pagi hari atau malam ketika mau lembur kerja. Tapi, apakah kopi ini bermanfaat untuk kesehatan atau sebenarnya justru menyebabkan dampak negatif bagi tubuh? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kopi Itu Sehat Tidak

Apa kalian suka kopi? Pagi hari menyeruput kopi sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, tapi apakah mengonsumsi kopi itu sehat untuk tubuh? Atau justru memberikan efek negatif bagi kesehatan?

Ada orang yang harus setiap pagi atau ketika bangun tidur menyeruput kopi. Rasanya kalau tidak minum kopi, seperti ada yang hilang atau ada yang kurang. Bagi sebagian orang, minum kopi itu membuat tenang. Benarkah anggapan tersebut?

Faktanya, kopi mengandung antioksidan karena ada polifenol. Kandungan antioksidan di dalam kopi itu cukup banyak, bahkan lebih besar efek antioksidannya daripada vitamin C. Kandungan antioksidan di dalam kopi berusaha mencegah kerusakan di sel tubuh. Jadi, bila ada kerusakan di sel ya kandungan antioksidan di dalam kopi tersebut akan lebih dulu mengambilnya. Memang, di dalam tubuh kita sudah terdapat kandungan antioksidan berupa asam urat.

Kemudian, di dalam kopi juga ada kandungan kafein yang bisa meningkatkan rasa semangat supaya jantung lebih berdebar. Namun, ada pula orang yang merasa kopi itu membuat jantung berdebar, bahkan membuat kita tidak bisa tidur.

Kopi ini memang biasanya kita minum untuk menahan kantuk, ketika kita harus begadang sampai pagi. Apalagi untuk mereka yang sering kerja lembur, kopi bisa menjadi teman lembur mereka. Tapi benarkah minum kopi bisa menahan kantuk? Jawabannya balik lagi ke tiap orang, karena memang berbeda-beda tiap orang. Ada orang yang minum kopi jadi tidak ngantuk, tapi ada juga yang tetap ngantuk walau sudah minum kopi.

Perhatikan Hal Ini Supaya Aman Minum Kopi!

Manfaat kopi untuk kesehatan memang cukup banyak, tapi bila dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik. Mengonsumsi kopi yang berlebihan akan menyebabkan timbulnya beberapa masalah kesehatan diantaranya insomnia, timbul rasa cemas, jantung berdebar, diare, bahkan tekanan darah tinggi.

Berikut beberapa tips aman minum kopi:

  1. Ketahui terlebih dahulu toleransi mengonsumsi kopi dan bagaimana efeknya di tubuh kita, termasuk juga pola tidur;
  2. Perhatikan tempat penyimpanan kopi, letakkan di tempat yang sejuk, kering, jauhkan kopi dari tempat yang lembap dan panas;
  3. Kopi tidak disarankan untuk orang yang mengidap penyakit diabetes atau maag, sehingga penting untuk mengetahui kondisi kesehatan kita;
  4. Sebaiknya jangan meminum kopi ketika perut kosong;
  5. Sebaiknya mengonsumsi kopi dengan tambahan gula yang pas, tidak terlalu manis.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Selama ini kita hanya tahu meminum kopi itu bisa menahan kantuk atau membuat kita semangat, tapi tahukah kamu bila ada beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan?

Kandungan kafein di dalam kopi bermanfaat membantu otak berkonsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki mood, bahkan sampai menurunkan risiko depresi.

Tak hanya mempertahankan berat badan, kopi juga kemungkinan dapat menurunkan berat badan, tetapi dalam catatan meminum kopi tanpa gula.  

Jadi, kopi itu sehat tidak? Bisa sehat, bisa juga tidak. Apabila kita mengonsumsi dengan takaran yang pas, tidak berlebihan maka kita bisa merasakan manfaatnya. Untuk lengkapnya, bisa konsultasikan dengan dokter.

Tim kami siap membantu anda. Apakah ada yang ingin ditanyakan?
CS D'elagance Tebet
Admin
Online
CS D'elegance Green Lake
Admin
Online
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: