Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Buah Sawo untuk Kecantikan!

Manfaat Buah Sawo – Sawo adalah salah satu buah lokal yang tumbuh di negara tropis, seperti di Indonesia. Ternyata tanaman bernama latin Sapodilla ini punya banyak manfaat kesehata.

Sawo ini memiliki kalori yang tinggi, tapi rendah lemak. Pastinya, buah ini banyak mengandung kolesterol. Maka wajar bila banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah ini sebagai cara menerapkan gaya hidup sehat.

Tanam ini memiliki banyak jenis yang bentukanya berbeda. Ada yang punya daging buah berwarna abu-abu kehitaman hingga cokelat keputihan.

Selain itu, buah ini dipercaya sebagai obat pencahar alami karena mempunyai kandungan serat tinggi. Buah yang satu ini juga dapat mengatasi masalah pencernaan lainnya seperti diare, gastritis hingga radang saluran pencernaan.

Sebagai informasi tambahan, manfaat buah sawo pun tak hanya itu saja. Ternyata ada juga manfaat lain sebagai media untuk perawatan kulit dan kecantikan wajah, apa saja itu? Simak ulasannya.

Manfaat Buah Sawo

Ini beberapa Manfaat Buah Sawo untuk Kecantikan

Berikut beberapa manfaat buah sawo yang mungkin belum banyak yang tahu, kalau ini dapat berguna untuk Kecantikan juga kesehatan. Seperti misalanya:

Dapat Mencerahkan Wajah

Tahukah kamu bahwa buah sawo dapat membuat kulit wajah cerah karena diketahui didalam buah sawo ini kaya akan kandungan Vitamin C. Mengkonsumsi buah sawo ternyata sudah cukup untuk memenuhi asupan Vitamin C harian sebesar 40%.

Dan menurut beberapa penelitian, bahwa vitamin c adalah zat yang dapat menghambat jumlah melanin yang dihasilkan oleh sel-sel pigmentasi.

Saat mengkonsumsi vitamin C, nantinya vitamin ini akan berinteraksi dengan tirosinase yakni yang bertanggung jawab merubah asam amino tirosin menjadi melanin.

Efek dari hal ini dapat mengurangi produksi melanin dan mencegah terjadinya pigmentasi. Alhasil, konsumsi vitamin C ini mempu membuat warna kulit jadi lebih cerah.

Dapat Membantu Proses Penyembuhan Kulit

Kaya akan Antioksidan, seperti buah sawo, dinilai dapat mempercepat proses penyembuhan kulit. Penting untuk diketahui, peradangan dapat menghambat proses pembaruan kulit.

Dengan mengkonsumsi makanan dengan kaya akan antioksidan dapat mengurangi adanya peradangan dalam tubuh dan membantu kulit memperbaiki diri dari terjadinya kerusakan.

Jika mengalami luka atau terjadinya iritasi, antioksidan mampu memperbaiki dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain itu, antioksidan juga dapat merangsang produksi kolagen yang membuat kulit menjadi kenyal dan semakin terlihat awet muda.

Manfaat Buah Sawo Dapat Menangkal Terjadinya Masalah Kulit

Dengan mengkonsumsi buah sawo yang kaya akan kandungan vitamin c ini terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan serta mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit, termasuk masalah kulit.

Selain itu, Vitamin C juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk untuk menurunkan stress. Saat stress, saraf simpatik akan melepas hormon kortisol dan adrenalin ke tubuh Anda.

Hormon ini dapat membuat terjadi peningkatan minyak pada kelenjar kulit. Produksi minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat atau masalah kesehatan kulit yang lain.

Buah Sawo Bermanfaat untuk Mencegah terjadinya Penuaan Kulit

Dalam sebuah penelitian menyebut bahwa buah Sawo itu mengandung zat besi yang tinggi. Seperti halnya antioksidan, zat besi juga penting dan dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas terjadi. Selain itu juga dapat mencegah penuaan kulit termasuk masalah kerutan.

Lalu, berapa banyak kita harus mengkonsumsi buah sawo yang aman dan bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit? Penting untuk diketahui, bahwa mengkonsumsi buah dan sayur itu disarankan maksimal 5 porsi per hari. Namun jika di konsumsi secara berlebihan pun tidak ada efek yang berarti.

Akan tetapi tidak untuk mereka yang memiliki penyakit maag, ya mereka harus berhati-hati. Sebab, buah sawo ini terbilang memiliki tinggi vitamin C yang bisa membuat sakit perut. Jika mengkonsumsi buah sawo dapat membuat maag kambuh dan solusinya cukup kurangi porsinya saja.

Nah itu tadi sedikit informasi tentang manfaat buah sawo untuk kecantikan. Jika kalian Ingin mengetahui tentang operasi plastik, persiapannya dan perawatan setelahnya anda bisa download free E-book atau bisa bergabung di Komunitas Eksklusif kami.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: