Ternyata Ini Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan dan Kecantikan, Cek yuk!

Manfaat Minyak Wijen – Anda kemungkinan kerap menemui makanan dengan taburan biji wijen. Tetapi, sudah pernahkah Anda memasak dengan minyak dari biji wijen? Selainnya menjadi minyak yang sehat untuk memasak, minyak tersebut kabarnya memiliki deretan manfaat.

Kandungan nutrisi Sesame Oil

Minyak wijen ialah minyak yang dibikin dari ekstrak biji wijen. Minyak ini mempunyai rasa unik yang hampir sama dengan bahan bakunya. Selainnya rasa, kandungan gizinya juga sama bermacam dan didominasi oleh lemak tidak jenuh yang sehat.

Satu sendok makan minyak wijen sekitar 10 gr bisa memberi tubuh manfaat dari nutrisi ini.

  • Energi: 88 kkal
  • Protein: 0,02 gr
  • Lemak: 10 gr
  • Tiamin (vitamin B1): 0,001 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,007 miligram
  • Niasin (vitamin B3): 0,01 miligram
  • Kalsium: 1 miligram
  • Fosfor: 0,5 miligram
  • Zat besi: 0,01 miligram
  • Natrium: 0,2 miligram
  • Kalium: 2 miligram

Selainnya zat gizi makro dan micro itu, minyak wijen kaya zat anti-oksidan, antimikroba, dan antiradang. Dari beberapa anti-oksidan dalam minyak beraroma khas ini, dua jenis anti-oksidan yang terkuat yaitu sesamol dan sesaminol.

Manfaat minyak wijen untuk kesehatan dan kecantikan

Dari dulu, banyak orang sudah manfaatkan minyak wijen sebagai bahan alternative untuk menjaga kesehatan dan perawatan kecantikan. Berikut beberapa manfaat minyak ini yang sudah bisa dibuktikan secara ilmiah.

Kurangi resiko penyakit jantung

Minyak wijen memang mengandung banyak lemak, tetapi sekitar 82% kandungan lemaknya adalah lemak tidak jenuh. Tipe lemak ini bisa turunkan cholesterol LDL (low-density lipoprotein) dan trigliserida sehingga bikin sehat untuk jantung.

Sebuah riset pada 2013 bahkan juga memperlihatkan bahwa dampak minyak wijen dalam turunkan cholesterol lebih baik dibanding minyak zaitun. Pada studi terhadap hewan, pemberian minyak wijen bisa menolong turunkan resiko penyakit jantung.

manfaat minyak wijen

Membantu mengendalikan gula darah

Minyak wijen membantu mengatur gula darah hingga memberi manfaat untuk pasien diabetes. Ini diperlihatkan dalam riset terbitan Journal of the American College of Nutrition yang mengikutsertakan 46 orang pasien diabetes type 2.

Konsumsi minyak wijen sepanjang 90 hari bisa dibuktikan turunkan kadar gula darah puasa dan hemoglobin A1c (HbA1c). Pengurangan HbA1c menandakan jika kandungan gula darah sudah turun dan jadi lebih terkontrol dalam periode waktu lama.

Meredakan nyeri secara alami

Warga Taiwan kuno sudah dari dahulu memakai minyak wijen sebagai pereda nyeri alami. Zat antiinflamasi pada minyak ini ternyata sanggup menurunkan infeksi pemicu nyeri persendian, sakit gigi, sampai nyeri haid.

Studi pada hewan memperlihatkan bahwa minyak ini menghalangi produksi zat sebagai pertanda infeksi dalam tubuh. Manfaat minyak wijen yang ini memang menjanjikan, tapi beberapa pakar perlu melakukan pengamatan lebih lanjut pada manusia.

Membantu meredakan tanda-tanda Arthritis

Arthritis sebagai infeksi yang terjadi pada persendian. Penyakit ini bisa memunculkan ngilu yang bisa menghalangi kegiatan setiap hari. Minyak ini kemungkinan dapat menangani gejala ini karena zat antiinflamasi dan anti-oksidan didalamnya.

Zat antiinflamasi pada minyak wijen bisa menolong menurunkan infeksi sebagai pemicu nyeri persendian. Sedangkan, anti-oksidan melindungi jaringan persendian dari kerusakan karena radikal bebas di lingkungan.

Mempercepat pengobatan luka

Selainnya digunakan untuk memasak, Anda bisa juga mendapat manfaat minyak wijen lewat cara dioleskan di kulit. Beberapa ahli percaya jika minyak ini mempunyai zat yang sanggup mempercepat proses penyembuhan luka.

Mereka mendapatkan hubungan antara pemanfaatan minyak wijen di kulit dan kadar collagen yang semakin tinggi pada jaringan luka. Manfaat ini kemungkinan datang dari zat anti-oksidan dan antiinflamasi yang berperanan penting dalam rekondisi jaringan kulit.

Melindungi kulit dari resiko paparan cahaya matahari

Karakter anti-oksidan pada minyak wijen kemungkinan dapat membuat perlindungan kulit dari dampak buruk cahaya ultraviolet. Minyak ini bahkan juga dapat mencegah sampai 30% cahaya ultraviolet, lebih tinggi dari minyak kelapa atau minyak zaitun yang cuman sekitar 20 %.

Karena manfaat itu, minyak ini mungkin menjadi alternative produk tabir surya yang ada di pasaran. Tetapi, harus diingat jika beberapa ahli belum mengetahui berapa lama minyak ini sanggup menangkal teriknya sinar UV.

Dapat Sehatkan rambut

Minyak wijen bukan hanya memberi manfaat untuk kulit, tetapi juga rambut. Kandungan anti-oksidan sesamin dan vitamin E pada minyak ini menolong sehatkan batang rambut hingga membuatnya semakin kuat dan terlihat bercahaya.

Anda dapat mendapat manfaat ini dengan mengoleskan minyak wijen pada rambut dalam kondisi lembap sesudah keramas. Berikan secukupnya dan tidak boleh terlalu berlebih supaya rambut Anda tidak terlihat lepek.

Minyak wijen mempunyai beberapa manfaat untuk jantung, jaringan tubuh, sampai kulit dan rambut. Walau beberapa riset berkaitan manfaat ini terbatas pada hewan, kandungan nutrisi didalamnya tetaplah bermanfaat untuk kesehatan.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: