Mengapa Harus Berhenti Merokok Sebelum Melakukan Operasi?

Merokok bisa dikatakan sebagai kebiasaan yang sangat sulit di hilangkan, apalagi jika kamu merupakan perokok aktif. Padahal, berhenti merokok dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh kamu.

Pernahkah kamu sudah atau berniat melakukan operasi? Tahukah kamu jika salah satu syarat menjalani operasi adalah sedang tidak merokok dalam kurun waktu tertentu? Lalu berapa jarak yang harus kamu pilih sebelum operasi dilakukan?

Sebelum menjalankan operasi ada baiknya kamu berhenti merokok selama empat sampai dengan enam minggu. Secara umum, berhenti merokok sebelum melakukan operasi bertujuan untuk mengurangi tingkat risiko terjadinya komplikasi yang serius dan membantu mempercepat pemulihan. Menghentikan kegiatan merokok itu cukup penting, karena para dokter dan tenaga profesional ingin pasien yang menjalani operasi berada dalam kondisi yang sehat. Selain itu, dokter mengharapkan proses operasi yang berjalan sukses tanpa ada kendala sedikit pun, misalnya saja masa pemulihan yang sangat lama dan timbulnya rasa sakit pasca operasi.

Mengapa menghentikan kegiatan merokok membantu masa pemulihan pasca operasi? Perokok memiliki risiko yang cukup tinggi dalam mengalami komplikasi pra dan pasca operasi yang dapat mengancam kejiwaan. Lalu, mengapa kamu harus berhenti merokok sebelum melakukan operasi ?

Pertama, berhenti merokok dapat mempercepat pemulihan pasca operasi. Ketika merokok, hemoglobin yang bertugas menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh tidak mampu menyalurkan oksigen ke jaringan dan organ menyebabkan terjadinya kekurangan oksigen. Padahal, tubuh sangat membutuhkan oksigen guna memperbaiki luka dan membentuk jaringan bari yang lebih sehat. Bahkan, merokok mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah sehingga menghambat darah yang menutrisi oksigen menyembuhkan luka pada tubuh.

Dua, berhenti merokok dapat meminimalkan risiko terjadinya pembekuan darah. Merokok dapat membuat darah mengental mengakibatkan kesulitan mengalir ke pembuh darah. Kondisi tersebut mengakibatkan meningkatnya risiko terjadinya pembekuan darah pada kalo. Apabila darah yang menggumpal itu menyebar ke seluruh tubuh dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung, stroke, dan terjadi pembekuan darah pada paru atau emboli paru.

Ketiga, berhenti merokok dapat menurunkan risiko infeksi. Darah mengandung sel yang disebut dengan neutrofil dimana fungsinya dapat membantu melawan infeksi. Sel akan kehilangan kemampuan melawan infeksi bila kamu merokok dimana bisa meningkatkan peluang terkena infeksi pasca operasi apabila dibandingkan dengan orang tidak merokok. Apabila bisa dilakukan, tetapi operasi yang dilakukan oleh yang merupakan seorang perokok bisa memperlambat masa pemulihan, tetapi dibantu oleh antibiotik  atau harus berada di rumah sakit untuk menunggu pemulihan kondisi tubuh.

Keempat, berhenti merokok dapat mengurangi tingkat risiko terjadinya peradangan timbulnya rasa sakit pasca operasi. Rokok mengandung banyak sekali bahan kimia yang berbahaya dimana dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada tubuh. Tidak hanya itu, pembengkakan tersebut dapat menyebabkan orang yang merokok merasa lebih kesakitan daripada yang tidak merokok.

Apabila kamu ingin menjalani prosedur kecantikan, misalnya saja melakukan operasi hidung atau lain sebagainya, kamu bisa memilih D Elegance Clinic yang berada di daerah Tebet, Jakarta. Mengapa? Karena D Elegance Clinic sudah terpercaya melakukan tindakan operasi yang aman terpercaya.

Dokter profesional di D Elegance Clinic akan menganalisis kondisi kamu sebelum operasi dilakukan, termasuk memberikan pengarahan tentang berhenti merokok sebelum operasi dilangsungkan. D Elegance Clinic yang berlokasi di Tebet, Jakarta ini membimbing kamu dalam menurunkan risiko yang mungkin saja timbul pasca operasi sehingga bisa menjalani operasi dengan hasil yang baik.

Penjelasan lebih lanjut mengenai alasan mengapa kamu harus berhenti merokok sebelum menjalani operasi, bisa langsung kunjungi channel youtube dr. Hendri Andreas.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: