Penyebab Jerawat di Hidung dan Begini Cara Tepat untuk Menyebuhkannya

Penyebab Jerawat di Hidung – Hidung ialah area muka yang dapat ditumbuhi jerawat, karena di bagian hidung ada kelenjar minyak yang menghasilkan minyak lebih banyak dibanding tempat lainnya. Jerawat di hidung ini mengusik penampilan, dan membuat hidung berasa nyeri atau sakit saat disentuh.

Produksi minyak berlebihan di area hidung, dapat mengakibatkan penyumbatan pori-pori, yang menyebabkan timbulnya komedo. Bila komedo itu terkena bakteri penyebab jerawat, jadi jerawat di hidung akan meradang dan menebar ke area muka lainnya.

Walaupun jerawat di hidung benar-benar menjengkelkan. Tapi jerawat di hidung dapat diobati secara mudah, tetapi penyembuhannya harus dikerjakan secara konsisten dan teratur. Berikut penyebabnya dan metode menyembuhkannya, dikutip dari beragam sumber:

Penyebab Jerawat di Hidung Muncul Tiba-tiba

1. Penimbunan Sel Kulit Mati

Penyebab jerawat di hidung yang pertama ialah karena ada penimbunan sel-sel kulit mati di sekitaran hidung. Penimbunan sel-sel kulit mati ini membuat hidung jadi komedoan, hingga jerawat gampang ada di sekitaran hidung.

2. Produksi Minyak Berlebihan

Sama dengan penimbunan sel-sel kulit mati. Produksi minyak berlebihan di area hidung, dapat mengakibatkan pori-pori mampet, dan menyebabkan timbulnya jerawat di hidung. Hidung ialah area muka yang menghasilkan minyak lebih banyak dibanding tempat lainnya.

3. Perubahan Hormon

Penyebab Jerawat di hidung bisa saja terjadi karena perubahan hormon pada wanita. Umumnya keadaan ini dirasakan di saat masa haid, kehamilan, mendekati menopause, dan menyusui. Berlangsungnya peralihan hormon ini, menyebabkan produksi minyak berlebihan di area hidung.

Penyebab Jerawat di Hidung

4. Pola Makan yang Tidak Sehat

jerawat di hidung bisa muncul arena kerap lakukan pola makan yang tidak sehat. Kadang perihal ini jarang sekali di sadari. Pola makan kurang sehat ini dikarenakan oleh kamu kerap konsumsi gorengan, makanan kemasan, makanan olahan, makanan cepat sajian, junk food, daging merah, makanan sejenisnya dan manis.

Penyebab Jerawat di Hidung Yang lain Karena…

5. Sering Menyentuh Hidung

Rutinitas menyentuh hidung dengan tangan yang terlalu sering, dapat mengakibatkan infeksi jerawat di hidung. Karena tangan kerap dipakai untuk menggenggam suatu hal, hingga ada beberapa kotoran atau bakteri yang melekat di tangan, dan dapat saja penyebab jerawat di hidung. Seharusnya bersihkan tangan sampai bersih saat sebelum memegang hidung, atau pakai tisu untuk memegang hidung.

6. Salah Memakai Produk Make up

Jika tiap hari kamu kerap memakai make up, seharusnya berhati-hatilah pilih produk make up yang pas untuk kulit sensitif dan berjerawat. Karena salah pilih produk make up dapat mengakibatkan kulit berminyak, tumbuh komedo dan muncul jerawat di hidung. Karena itu pakai make up yang mempunyai klaim non-comedogenic dan hypoallergenic, supaya tidak mengakibatkan jerawat di hidung.

7. Kulit Dehidrasi

penyebab yang paling akhir, yakni karena kulit kekurangan cairan atau yang lebih di kenal dengan sebutan dehidrasi. Saat kulit dehidrasi, kelenjar minyak akan menghasilkan semakin banyak minyak untuk melembapkan kulit. Tetapi jumlah minyak yang terlalu banyak ini, malah menyebabkan penyumbatan pori pori yang membuat akhirnya muncul jerawat.

Setelah mengetahui Terkait Penyebab Jerawat di Hidung Muncul, Begini Cara Menyembuhkannya

Tidak perlu merasa insecure atau cemas bila mempunyai jerawat di hidung. Jerawat ini dapat diobati dengan obat jerawat yang mempunyai kandungan retionid, benzoil peroksida, asam asam azelaic dan salisilat.

Kandungan dalam obat jerawat itu, baik mematikan bakteri penyebab jerawat, menghilangkan komedo dan mengobati kemungkinan infeksi yang terjadi.

Kamu bisa juga menahan pertumbuhan jerawat di hidung memakai produk skincare, yang mempunyai karakter sebagai eksfoliator. Mengganti gaya hidup jadi lebih baik, bisa juga membantu menahan jerawat di hidung, dengan rajin olahraga, tidak bergadang, teratur konsumsi sayur dan buah, dan memenuhi keperluan cairanmu.

Bila jerawat di hidung tidak juga pulih, kamu dapat mengkonsultasikan keadaan ini ke dokter kecantikan, untuk memperoleh penanganan dan pengobatan jerawat yang tepat.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: