Benarkah Makan Cokelat Bikin Jerawatan? Ini Penjelasan yang Benar!

Penyebab Jerawat – Apakah kalian pernah mendengar informasi bahwa mengkonsumsi cokelat dapat menimbulkan jerawat? Nah, artikel ini akan membahas fakta seputar jerawat, tips merawat wajah berjerawat termasuk membahas juga tentang kabar simpang siur cokelat dapat memicu munculnya jerawat.

Ini Penyebab Jerawat bisa muncul

Jerawat diketahui mempengaruhi lebih dari 96% remaja pada beberapa waktu selama masa pubertas mereka, seperti ini penjelasannya. Setiap rambut manusia, tumbuh dalam kantung di kulit yang dikenal dengan sebutan folikel dari bahasa latin yang disebut dengan tas kecil.

Setiap folikel akan mendapatkan makanan kelenjar yang mengeluarkan zat lilin yang sering disebut dengan sebum. Disamping setiap folikel itu terdapat kelenjar lain yang membawa keringat ke permukaan kulit melalui pori kecil.

Selama masa pubertas, peningkatan kadar testosteron baik pada anak lelaki atau perempuan dapat menimbulkan produksi sebum meningkat. Tumpahan ini, keluar ke pori keringat hingga akhirnya menyumbat pori dengan kompos minyak yang matang untuk si bakteri dan ini menghasilkan dengan apa yang sering disebut Jerawat. Koloni jerawat ini disebut juga Acne Vulgaris.

Sebagai informasi bahwa anak lelaki itu memiliki tingkat testosteron yang jauh lebih tinggi dibanding anak perempuan. Itu mengapa pria lebih cenderung memiliki jerawat lebih dibanding wanita. Dari sini sebenarnya sudah ada jawaban atas pertanyaan diatas, bahwa bukan cokelat yang jadi penyebab jerawat, melainkan testosteron.

Namun, pola makan juga memiliki pengaruh dan beberapa makanan dapat membuatnya lebih buruk. Dalam sebuah penelitian di tahun 1981, Prof. David Jenkins seorang ahli gizi berasal dari Toronto, Kanada ini mengukur efek karbohidrat pada gula darah.

Penyebab Jerawat Karena Makan coklat, Mitos Atau Fakta

Ia menemukan bahwa makan bertepung seperti, roti putih, sereal dan kentang dapat meningkatkan gula dara secara dramatis. Namun makanan manis memiliki efek yang jauh lebih sedikit.

Makanan yang terbuat dari tepung-tepungan ini, memiliki struktur kimia yang jauh lebih sederhana dan lebih mudah bagi sistem pencernaan untuk mengkonversi menjadi Glukosa. Protein, lemak dan gula seperti cokelat yang kompleks ini lebih sulit untuk menyerap.

Berdasar dari penelitiannya, David Jenkins membuat sebuah timbangan yang diberi nama GI = Glycemic Index. Makanan yang memiliki skor GI yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga dapat meningkatkan lonjakan produksi insulin yakni hormon yang mengatur asupan tubuh yang bernama glukosa.

Insulin sendiri, dikendalikan oleh testosteron dan produk susu merangsang testosteron. Jadi, ketika Anda sarapan, sereal dan susulah yang mengandung dosis ganda yang akhirnya menstimulasi hormon ketimbang gula yang dapat memperburuk jerawat.

Sedikit Informasi, bahwa kata Acne itu adalah kesalahan ejaan dari bahasa Asyur negara kuno yang kini telah berganti menjadi Iraq Utara yang berusia 1500 tahun. Di abad ke-6, Etius Amidenus yang juga seorang dokter dari kota amida yang saat ini dikenal Turkey Modern, secara tak sengaja menciptakan kata baru Acne untuk menggambarkan jerawat, padahal dirinya itu menulis Akme atau bahasa yunani yang berarti titik.

Fakta Mengenai Cokelat!

Mengunyah cokelat yang Anda sukai itu dapat menghasilkan Endorfin, yang akan membantu meredakan rasa sakit, mengurangi stress hingga menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker. Tidak ada anggapan menyebut kalau cokelat adalah penyebab jerawat muncul.

Di tahun 2007, salah satu laboratorium, The Mind Labs menyatakan bahwa untuk beberapa orang khususnya wanita jika mengkonsumsi sepotong dark chocolate membuat jantung berteka lebih cepat dan lebih lama daripada melakukan ciuman bergairah.

Bagaimana sahabat, sudah pahamkan bahwa cokelat bukanlah penyebab jerawat muncul. Justru cokelat sendiri memiliki banyak manfaat seperti menghilangkan rasa sakit, mengurangi stress hingga menurunkan Resiko Penyakit Jantung dan Kanker dan yang menyebabkan jerawat itu muncul adalah testosteron.

Jika ada pertanyaan lain mengenai penyebab jerawat lainnya atau mungkin ingin tahu bedah plastik, Anda bisa bergabung di Komunitas Eksklusif kami dan Anda bertukar pikiran dengan banyak pasien kami yang sudah berhasil dalam tindakan mereka.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: