Persiapan Sebelum Operasi Plastik, Beberapa Hal Ini Perlu ditanyakan Ke Dokter Bedah

Persiapan Sebelum operasi plastik, ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan. Anda dianjurkan untuk mengetahui info sebanyaknya mengenai proses operasi, hal apa yang perlu disiapkan, dan beragam resiko yang mungkin terjadi dari yang ringan sampai serius.

Anda tidak dapat menebak atau sekedar cari info di jagat maya. Seharusnya langsung temui dokter dan diskusi dahulu untuk menjawab beberapa hal yang ingin Anda ketahui.

Ada banyak hal yang harus dan penting untuk dipahami dari dokter. Nah, berikut daftar pertanyaan khusus yang perlu Anda pastikan ke dokter ahli sebelum memutuskan operasi plastik. Baca apa pertanyaannya berikut ini.

Hal yang perlu ditanya pada dokter Persiapan Sebelum Operasi Plastik

Rekam jejak pengalaman dokter

Sebelum operasi plastik, sebaiknya Anda memilah dokter yang paling baik dalam bidangnya. Pertama, Anda dapat bertanya sertifikat bedah plastik yang dia punyai. Lantas, pada intinya Anda harus ketahui dulu operasi apa dan ahli bedah apa yang dibutuhkan.

Misalkan, specialist rekonstruksi umumnya untuk menangani kasus seperti luka bakar, luka karena kecelakaan, cacat bawaan, atau cacat lahir. Dan bedah kosmetik umumnya untuk jenis operasi estetika.

Sedangkan rekam jejak dan sertifikat dokter harus diketahui buat menghindar Anda jadi korban malpraktik. Janganlah lupa tanya seberapa banyak operasi yang sudah dokter itu tangani. Ini bermanfaat untuk memberikan keyakinan Anda jika dokter itu ahli dan telah terpercaya di bidangnya.

Persiapan Sebelum Operasi Plastik tanya, di mana dan bagaimana proses operasi dilakukan

Biasanya ada banyak proses operasi yang telah dilakukan. Disamping itu, Anda kemungkinan dibolehkan untuk rawat jalan sesudah operasi. Bisa juga Anda harus rawat inap sepenuhnya di dalam rumah sakit. Umumnya dokter akan menimbang faktor-faktor seperti umur, kesehatan, dan jarak rumah Anda dengan tempat operasi.

Tetapi, untuk perawatan di rumah sakit keseluruhannya umumnya akan memerlukan biaya yang semakin besar dibanding rawat jalan. Nach, perihal ini pula yang perlu jadi perhatian. Janganlah lupa untuk pikirkan factor resiko kesehatan saat dan setelah lakukan operasi.

Kenali jenis bius apa yang akan dipakai oleh dokter

Pada tahap konsultasi ini, penting untuk Anda untuk bertanya jenis anestesi apa yang hendak dipakai saat operasi nanti. Berikut sebagai contoh bius yang akan dijelaskan sebelum operasi plastik dilakukan.

  • Bius umum. Dilaksanakan buat menekan sistem saraf pusat yang membuat Anda tidak sadar sepanjang operasi berjalan. Bius ini biasanya disuntikkan ke badan, atau melalui gas yang ditempatkan dalam aliran pernafasan.
  • Bius regional. Bius ini disuntikkan disekitaran saraf pusat untuk hilangkan rasa di area tubuh tertentu. Dan pada bagian badan lainnya Anda tetap sadar. Masih terdiri dua jenis lagi pada bius jenis ini, yakni bius spinal yang disuntik ke tulang belakang pasien dan bius epidural.
  • Bius lokal. Disuntik ke anggota badan tertentu. Perannya untuk hilangkan sensasi di bagian yang ingin dibedah. Biasanya, pasien tetap tersadar sesudah dibius dengan bius lokal.

Persiapan Sebelum Operasi Plastik

Sebelum operasi plastik, ketahui berapa besar resiko dari operasi yang hendak Anda lalui?

Tiap operasi tentunya mempunyai resiko tertentu. Sebelum operasi plastik, sebaiknya Anda bertanya pada dokter resiko apa yang kemungkinan terjadi. Resiko dari operasi yang serius, umumnya terkait karena ada kehilangan darah, infeksi, atau reaksi yang berlebihan pada bius umum. Walau jarang ada, akibatnya dapat mengacu pada kematian.

Ada banyak jenis prosedur yang lebih bahaya dibanding lainnya, meskipun kemajuan terbaru terus membuat komplikasi makin kecil kemungkinannya. Karena operasi plastik ialah pilihan, ahli bedah umumnya akan menolak untuk membedah pasien mana saja yang merasa resikonya terlalu besar. Karenanya, komplikasi serius dengan operasi plastik sebetulnya tergolong langka.

Anda bisa juga bertanya ada berapakah komplikasi serius berkaitan operasi plastik yang hendak Anda lalui, walau sebetulnya ini dilarang. Tetapi, dokter bedah Anda harus siap memberi info ini hingga Anda berasa nyaman untuk membikin opsi terbaik untuk keselamatan dan kesehatan Anda sendiri.

Lihat photo before-after pasien lain yang pernah dioperasi oleh dokter Anda

Umumnya, dokter yang professional akan memperlihatkan photo “sebelum-sesudah” pasien yang mereka tangani untuk materi promo mereka, atau juga bisa sebagai gambar contoh.

Meminta dokter Anda memberikan dari hasil pasien yang sudah dia tangani. Biasanya, beberapa foto ini penggunaannya cuman dibolehkan untuk ahli bedah yang sudah menuntaskan pelatihan persyaratan pemegang sertifikasi operasi plastik tertentu.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: