Puasa Menyembuhkan Diabetes

Puasa Menyembuhkan Diabetes?

Puasa menyembuhkan diabetes? Apakah benar penyakit diabetes bisa disembuhkan dengan menjalani puasa? Umumnya, diabetes disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kelebihan gula sampai faktor genetik. Maksudnya ketika kita memiliki orang tua yang mengidap diabetes, maka ada kemungkinan anaknya memiliki tingkat risiko yang jauh lebih tinggi mengidap diabetes. Ketika kita didiagnosa mengidap diabetes, biasanya dokter menyarankan supaya kita mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula.

Benarkah Puasa Menyembuhkan Diabetes?

Naiknya kadar gula darah atau glukosa menyebabkan seseorang mengidap penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena menjalani pola makan yang kurang sehat, misalnya kebiasaan makan yang berlebihan atau karena terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung gula. Ketika mengidap diabetes, pancreas akan bekerja lebih keras dalam proses produksi insulin agar dapat mengimbangi kandungan gula yang berlebihan. Kondisi ini bila dibiarkan saja maka pankreas akan mulai kelelahan dan tidak mampu melakukan produksi insulin yang cukup sehingga mengakibatkan penyakit diabetes. Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit diabetes?

Kalau kita ingin mengatasi penyakit diabetes, ada dua hal yang harus kita lakukan yaitu:

Karbohidrat dikatakan sebagai sumber utama dari glukosa dimana dapat meningkatkan gula darah. Karena itu sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat supaya insulin di tubuh tidak meningkat.

Dengan menjalani puasa insulin di tubuh akan rendah dan tubuh akan mencari sumber lain. Cara berpuasa ini bisa dilakukan dengan puasa saja atau bisa juga dikombinasikan dengan mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat. Misal : setiap hari kita makan tiga kali sehari, kita ganti jadi dua kali sehari supaya insulin tidak meningkat terus. Nanti kalau sudah terbiasa bisa makan sekali sehari jadi insulin tidak meningkat terus dan tubuh tidak meningkatkan glukagon supaya dapat memecah lemak di tubuh untuk dijadikan sumber tenaga.

Berpuasa Aman Bagi Penderita Diabetes

Di atas sudah dijelaskan bahwa benar bila berpuasa dapat menyembuhkan diabetes, karena itu melakukan puasa bisa menjadi salah satu solusi untuk kita yang mengidap diabetes. Walaupun begitu, ada banyak orang yang masih merasa khawatir menjalani puasa. Banyak yang bilang penderita diabetes tidak bisa menjalani puasa.

Memang, diabetes adalah penyakit kronis dan biasanya dialami dalam waktu yang cukup lama. Biasanya ditandai dengan kadar glukosa di dalam darah yang tinggi, glukosa ini menumpuk karena tidak diserap dengan baik oleh sel tubuh. Kondisi ini menyebabkan berbagai gangguan organ tubuh, apalagi ketika diabetes tidak ditangani dengan baik, maka bisa membahayakan orang lain.

Namun, jangan khawatir ya, berpuasa aman dilakukan oleh penderita diabetes, asalkan kadar gula darah terkontrol dengan baik. Jadi, dengan menjalani puasa dapat mengontrol kadar gula darah dimana gejala penyakit diabetes tidk mudah muncul seperti merasa haus atau lapar, menurunnya berat badan tanpa sebab, sering buang air kecil, massa otot mulai berkurang, apabila memiliki luka sulit sembuh, penglihatan menjadi kabur, sering mengalami infeksi, serta memiliki keton di dalam urine.

Nah, apabila kamu adalah penderita diabetes dan ingin menjalani puasa, ada baiknya berkonsulasti terlebih dahulu dengan dokter yang menangani. Dokter nantinya akan melihat kondisi pasien terlebih dahulu, apakah kondisinya memang baik untuk menjalani puasa atau tidak.

Jadi sudah jelas puasa menyembuhkan diabetes itu benar. Atau menjadi salah satu cara menyembuhkan penyakit diabetes. Untuk informasi lebih lengkap bisa cek video disini. Atau bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Tim kami siap membantu anda. Apakah ada yang ingin ditanyakan?
CS D'elagance Tebet
Admin
Online
CS D'elegance Green Lake
Admin
Online
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: