Mitos Atau Fakta, Sauna Membakar Lemak Dalam Tubuh? Ini Penjelasannya!

Sauna Membakar Lemak – Sebagian orang melakukan sauna untuk beberapa tujuan tertentu, satu diantaranya untuk membakar lemak di badan. Tidak sampai situ saja, sauna dapat menghadirkan efek relaksaksi yang membahagiakan dan melepaskan penat. Lantas, apa betul sauna membakar lemak di tubuh dan dapat membuat kurus? Baca fakta-faktanya berikut ini, ya.

Apa betul sauna membakar lemak di tubuh?

Pertama, harus dipahami jika sauna merupakan sebuah ruang yang dinding dan lantainya dibuat dari kayu. Didalamnya disiapkan tempat duduk dan pemanas ruang. Panasnya temperatur di dalam ruang umumnya ditata sampai 85 derajat celcius untuk memunculkan efek panas dan berkeringat. Sauna ini umumnya ada di gym atau di beberapa tempat perawatan kecantikan.

Menurut Harvard Medical School, sauna biasanya aman untuk banyak orang, tetapi sedikit manfaat yang didapatkan untuk kesehatan selain ada efek santai dan nyaman untuk badan.

Beberapa orang yang menduga jika sauna membakar lemak. Mereka menduga jika keringat yang keluar saat sauna itu ialah lemak. Ada yang perlu diluruskan, jika uap panas sauna akan kuras keringat dan cairan dari pada tubuh Anda, bukan lemak.

Nah, ditambahkan lagi bila Anda merasa atau melihat berat badan menyusut sesudah lakukan sauna. Beberapa orang menduga jika itu ialah lemak yang lenyap, walau sebenarnya cuman cairan pada tubuh yang keluar melalui keringat. Dalam kata lain, yang hilang ialah berat air tubuh Anda.

Sementara itu, bila Anda makan atau minum suatu hal kembali sesudah sauna, berat badan langsung akan balik lagi seperti yang lalu . Maka, mitos sauna membakar lemak tidak benar.

sauna membakar lemak

Terus bagaimanakah sauna membakar lemak dan kalori kita?

Dikutip dari situs kesehatan Healthline, temperatur ruangan yang panas bisa tingkatkan detak jantung Anda. Dampak ini mirip dengan kenaikan detak jantung saat Anda olahraga. Namun, dampaknya sangat kurang. Bahkan, kalori yang terbakar karena detak jantung bertambah ini perbedaannya cuman sedikit dengan kalori yang dibakar oleh badan saat Anda sedang duduk santai.

Karena itu, walau sauna dapat membakar kalori, jumlahnya amat sedikit. Karena itu sauna tidak menjadi cara untuk turunkan berat badan.

Lalu, bila Anda ingin turunkan berat badan yang sehat tanpa efek, Anda dapat lakukan pengurangan kalori pada makanan dan olahraga yang teratur. Bisa menggunan sauna, tetapi sekedar untuk relaksaksi, ya.

Cairan yang hilang sesudah sauna harus segera ditukar

Anda dapat kehilangan sekitaran 1 liter cairan lewat keringat saat memakai sauna sepanjang beberapa saat. Karenanya, Anda perlu menukar cairan ini hingga badan tidak memunculkan efek tertentu, seperti kehilangan cairan sampai dehidrasi.

Banyak minum air putih selekasnya sesudah Anda keluar ruang sauna. Disamping itu, bila dalam ruang Anda mulai rasakan beberapa gejala dehidrasi seperti kulit, lidah, dan mulut kering; sempoyongan; sampai jantung berdegap kuat, segera keluar dari sauna, mencari lokasi yang sejuk, dan lekas minum air.

Tidak boleh ada dalam ruangan sauna kelamaan

Banyak orang lama-lama di sauna dengan harapan lemak akan terbakar, atau untuk nikmati kesan rileksnya. Tetapi, ini benar-benar tidak disarankan. Berkeringat terlalu berlebih bisa mengakibatkan hilangnya cairan elektrolit dari pada tubuh pada takaran yang beresiko. Ini dapat mengakibatkan dehidrasi, kerusakan ginjal, atau bahkan juga kematian.

Paparan panas yang berlebihan bisa juga mengakibatkan kondisi darurat kardiovaskular atau sengatan panas. Supaya tetap terhidrasi, Dr. Harvey Simon dari Harvard Men’s Health Watch merekomendasikan untuk minum dua sampai empat gelas air sesudah menghabiskan waktu di sauna.

Dr. Simon merekomendasikan supaya sauna dilaksanakan sepanjang 15 sampai 20 menit saja. Jika sudah rasakan pertanda mata merah dan pusing, segera keluar dan hidrasi diri Anda dengan air atau cairan elektrolit untuk meringankan tanda-tanda pusing itu.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: