Tips Makan Untuk Yang Kolesterolnya Tinggi

Tips Makan Untuk Yang Kolesterolnya Tinggi

Adakah tips makan untuk yang kolesterolnya tinggi? Selama ini ada beberapa kondisi yang kita takutkan, salah satunya kolesterol yang tinggi. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dan ada pula makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Kita perlu cermat memilih makanan yang tepat agar kolesterol tetap normal stabil. Karena seperti yang kita tahu, kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit stroke dan jantung. Selain itu, kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan plak dimana dapat menyumbat pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit. Jadi, adakah tips makan yang cocok untuk penderita kolesterol?

Tips Makan Untuk Yang Kolesterolnya Tinggi

Bagaimana tips makan bagi pasien dengan kolesterol yang tinggi? Ya jangan menaikkan insulin, karena insulin itu nanti akan promote di usus untuk menyerap kolesterol lebih banyak dari makanan.

Semisal karbohidrat di dalam tubuh tidak terlalu banyak yang meningkat itu AMPK dan LDL reseptor lebih sedikit sehingga LDL kolesterol akan lebih sedikit diserap pada makanan. Kalau kita masih mau mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, tetapi tidak mau kolesterol dan trigliserida meningkat, maka sebaiknya jangan terlalu banyak lemak yang kita konsumsi. Jadi, ketika karbohidrat meningkat nama lemak perlu dikurangi. Kemudian ketika ingin makan lauk, usahakan direbus atau digoreng tanpa minyak. Atau bisa juga jangan terlalu banyak makan lauk, jangan makan santan, dan lainnya.

Beberapa Makanan yang Cocok untuk Penderita Kolesterol

Apakah kamu mengidap penyakit kolesterol dan bingung sebaiknya mengonsumsi makanan seperti apa supaya kadar kolesterol tetap normal? Di bawah ini ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita kolesterol diantaranya:

Sayuran memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan ternyata sayuran hijau yang dikukus bisa menurunkan kadar kolesterol dimana sayuran hijau akan mengikat asam empedu supaya dapat menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Misalnya bayam, brokoli, kumis, kangkung, dan lainnya.

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang cukup baik untuk tubuh dimana dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan lemak darah (trigliserida). Misalnya salmon, sarden, makarel, tuna, ikan kembung, dan lainnya.

Contohnya udang atau kerang. Makanan laut kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol.

Biji-bijian utuh dapat menurunkan kadar kolesterol serta mencegah risiko kita mengidap penyakit jantung. Biji-bijian mengandung banyak nutrisi diantaranya mineral, vitamin, dan serat larut yang dinamakan beta glukan. Beta glukan dapat menurunkan LDL dan mengurangi penyerapan kolesterol uang berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Faktanya, kacang-kacangan bisa menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterol dimana mampu menghambat proses penyerapan kolesterol jahat yang berada di dalam usus. Contoh kacang-kacangan antara lain kacang mede, almond, kenari, kacang merah, dan kacang tanah.

Tahu, tempe, susu kedelai, dam lainnya dikatakan mampu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kedelai juga memberikan nutrisi yang cukup penting seperti vitamin, mineral, serat, dan lemak tak jenuh.

Mengonsumsi buah memang baik untuk kesehatan, termasuk bagi penderita kolesterol. Karena buah-buahan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta menaikkan kadar kolesterol baik. Buah-buahan yang bisa dikonsumsi diantaranya apel, jeruk, stroberi, anggur, alpukat, dan lainnya.

Itulah tips makan untuk yang kolesterolnya tinggi. Untuk informasi lebih lanjut, bisa cek selengkapnya disini. Bisa juga berkonsultasi dengan dokter.

Tim kami siap membantu anda. Apakah ada yang ingin ditanyakan?
CS D'elagance Tebet
Admin
Online
CS D'elegance Green Lake
Admin
Online
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: