Bagaimana perawatan setelah operasi transfer lemak

Semakin usia kulit akan semakin berkurang ketebalannya. Sehingga akan tampak kulit yang kendur disertai mulai tumbuh kerut. Kadang kulit kendur akibat penurunan berat badan jadi tidak selalu karena usia. Pada keadaan ini dibutuhkan untuk menambahkan volume. Salah satu cara menambahkan volume yaitu dengan lemak melalui proses transfer lemak. Bagaimana perawatan setelah operasi transfer lemak ?

Setelah operasi transfer lemak (fat grafting) daerah yang ditransfer akan bengkak. Bengkak terjadi setelah operasi dan mulai berkurang setelah 48 jam. Hal ini normal terjadi. Berapa banyak bengkaknya tergantung berapa banyak area yang di transfer lemak. Untuk mengurangi bengkak disarankan untuk membuat area tersebut lebih tinggi dari badan, misalnya memakai bantal yang cukup tinggi pada saat berbaring.

Proses “menanam” lemak membutuhkan waktu yang cukup untuk lemak benar-benar hidup. Akan ada pembuluh darah baru yang akan memberikan nutrisi pada masing-masing butir lemak tersebut. Sehingga sangat disarankan tidak menggerakkan daerah tubuh yang ditanamkan lemak tersebut. Jadi kurangi gerakan atau gesekan kasar pada wajah jika lemak tersebut ditanamkan di wajah.

Juga tidak boleh menekan atau memberikan kompres dingin pada wajah. Gerakan2 menekan atau menggesek sangatlah dibatasi.

Istirahat yang cukup, makan makanan yang bernutrisi dan minum obat yang sudah disertakan pada saat pulang.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: