Super Ampuh! Ini Cara Aman dan Nyaman Jalani Diet Puasa (Intermittent Fasting)

Diet Puasa – Salah satunya langkah yang digadang-gadang dapat turunkan berat tubuh dalam sekejap yakni dengan diet puasa. Diet yang dikenali dengan istilah intermittent fasting ini membuat Anda mesti batasi makan dalam satu hari, khususnya karbohidrat dan lemak.

Sayang, banyak yang melaukan diet ini sembarangan dan tidak diskusi dahulu dengan ahli diet (dietisien). Walau sebenarnya, diet puasa tergolong pola diet yang cukup berlebihan untuk turunkan berat tubuh.

Teknik menjalani diet dengan puasa supaya lebih gampang

Diet puasa cukup sukar dilaksanakan secara rutin. Oleh karenanya, saat sebelum Anda memilih untuk menjalani langkah ini, seharusnya diskusi dahulu dengan pakar dokter dan nutrisi.

Apabila sudah diberi ‘lampu hijau’, teruskan dengan beberapa cara yang dapat mempermudah Anda dalam menjalani diet puasa. Berikut ini daftarnya.

1. Minum air putih yang banyak

Cukup minum air putih sebagai kunci khusus intermittent fasting. Umumnya, Anda perlu minum air sekitaran 8 gelas sehari. Namun, saat puasa pasti badan membutuhkan air semakin banyak karena tidak ada makanan yang masuk ke badan.

Oleh karenanya, banyak orang saat sedang menjalani puasa minum air sekitaran 8 – 13 gelas sehari. Selainnya penuhi keperluan cairan badan Anda, masih tetap terhidrasi tekan rasa lapar yang tetap ada saat puasa.

2. Kurangi jatah perlahan-lahan

Ketika akan mengawali intermittent fasting, Anda wajib melakukannya perlahan. Tidak makan sama sekali kemungkinan bisa Anda kerjakan, tetapi alangkah baiknya kalau mengawali dengan kurangi jatah makan dikit demi sedikit, khususnya konsumsi kalori.

Ini mempunyai tujuan untuk kurangi resiko dari ketidaksiapnya Anda yang mendadak tidak makan sama sekali. Tanda-tanda dimulai dari hilang konsentrasi sampai pingsan.

3. Janganlah sampai kalap saat ‘buka puasa’

Saat waktunya makan, Anda ingin melahap semua rupa makanan dan memenuhi hasrat Anda. Tetapi, itu tidak disarankan karena bisa membuat Anda cepat capek dan kembung.

Diet Puasa

Disamping itu, makan yang terlalu berlebih bisa juga mempengaruhi berat tubuh dan menambahkan konsumsi kalori secara tidak terkontrol. Oleh karenanya, benar-benar dianjurkan untuk konsumsi makanan dengan skema makan yang umum Anda kerjakan.

4. Konsumsi protein yang cukup

Salah satunya langkah aman supaya diet dengan puasa berasa gampang yaitu masih tetap konsumsi cukup gizi protein. Jika Anda malah kurangi konsumsi gizi yang diperlukan, otot Anda akan menyusut sekalian kurangi nafsu makan.

Nach, Anda tidak mau kan menjalani diet dengan puasa malah jadi memperburuk kesehatan? Penuhi keperluan protein Anda meskipun melakukan intermittent fasting.

5. Minum teh hijau juga termasuk Cara Diet Puasa yang tepat

Selainnya air putih, Anda dapat konsumsi teh hijau untuk meredam rasa lapar Anda.

Hal tersebut terjadi karena ada kandungan epigallocatechin gallate yang mempunyai peranan tingkatkan hormon cholecystokinin. Hormon itu berperanan untuk menginformasikan otak jika Anda telah kenyang.

Disamping itu, teh hijau dapat membantu pembakaran lemak bisa lebih cepat, khususnya lemak jahat yang ada di perut. Oleh karenanya, coba minum teh hijau sebagai pengiring air untuk selalu terhidrasi dan meredam rasa lapar Anda.

6. Minum suplemen

Cara diet puasa ini ditujukan untuk menahan kurangnya vitamin yang didapatkan saat meredam lapar. Oleh karenanya, suplemen menjadi alternative yang lumayan baik untuk selalu jaga keperluan vitamin dan gizi lain badan Anda.

Salah satunya suplemen yang menolong Anda menjalani intermittent fasting yaitu suplemen serat. Suplemen serat berguna untuk menangani kemauan dan selera makan dan menyamakan gula darah Anda.

Coba untuk menambahkan dua sendok teh suplemen serat dengan air. Sebuah riset dari European Journal Nutrition mengungkapkan jika serat yang larut air bisa menambahkan rasa kenyang dan kurangi kemauan untuk makan.

Anda bisa menambah serat ini secara bertahap. Bila jumlah yang Anda konsumsi terlalu berlebih, Anda akan alami kram permasalahan pencernaan dan perut.

7. Diet Puasa yang tepat itu dengan Konsumsi BCAA

BCAA (branched-chain amino acids) yakni asam amino yang bisa Anda dapatkan di telur, produk susu, dan daging. Asam amino tipe ini bisa atur energi dan tekan selera makan hingga mempermudah Anda dalam menjalani diet puasa.

Agar Anda tidak susah untuk mengkonsumsinya, Anda dapat mendapati asam amino ini berbentuk suplemen kapsul atau bubuk.

Sebetulnya, kunci khusus dari langkah menjalani diet puasa (intermittent fasting) yakni disiplin. Bila Anda disiplin dengan ketentuan yang Anda bikin, sudah pasti Anda dapat melalui saat-saat awalan yang susah saat menjalani program ini.

Namun, harus diingat jika jika Anda tidak berasa kuat dengan sistem ini, silahkan stop dan mencari program diet yang pas dengan Anda. Apakah informasi di atas sudah cukup atau masih kurang? Anda bisa bertanya langsung dengan dokter dengan klik disini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: