Hidung Bengkok Apakah Harus di Operasi? Ini Jawabannya!

Hidung bengkok merujuk pada penyimpangan dinding tipis (septum) dalam hidung yang pisahkan ke-2 rongga hidung. Diduga mayoritas orang di semua dunia tidak mempunyai septum hidung yang lurus.

Penyimpangan septum yang mengakibatkan hidung bengkok ialah keadaan medis yang umum tidak membutuhkan perawatan dan sebagai keadaan yang cukup sering ditemui.

Tetapi pada beberapa kasus, kemiringan septum sangat parah, hingga mengakibatkan beberapa gejala yang bisa mengganggu aliran pernafasan. Saat gejala telah mengganggu pernafasan, obat antiinflamasi dan pembedahan korektif kemungkinan dibutuhkan.

Apa hal yang bisa menyebabkan hidung bengkok?

Pada kebanyakan orang, hidung yang bengkok karena penyimpangan septum, membuat salah satu aliran hidung lebih kecil dan biasanya tidak memunculkan gejala apapun.

Tetapi saat septum menyimpang parah, penyimpangan bisa menutup satu sisi hidung dan mengurangi saluran udara, hingga mengakibatkan kesusahan bernapas.

Dan pada satu sisi lubang hidung yang semakin bertambah besar, saluran udara condong semakin bertambah, hingga mengakibatkan lubang hidung yang lebih besar jadi kering dan cenderung untuk mengalami pendarahan atau mengalami iritasi.

Hidung yang tersumbat bisa terjadi karena penyimpangan septum hidung, pembengkakan jaringan yang melapisi gara-gara ke-2 nya, atau hidung.

Perawatan untuk mengatasi penyumbatan hidung umumnya dilakukan dengan pemberian beberapa obat untuk kurangi bengkak atau dilator hidung yang membantu membuka aliran hidung.

Seperti Cara Menangani masalah Hidung Bengkok ini?

Meskipun sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa pada kebanyakan kasus, hidung bengkok tidak memerlukan perlakuan khusus.

Tetapi banyak keadaan medis lain bisa mengakibatkan tanda-tanda yang sama, seperti polip hidung, infeksi, dan alergi, hingga spesialis telinga, hidung, dan kerongkongan (THT) umumnya perlu menegakan diagnosis untuk singkirkan peluang terjadinya keadaan lain.

Hidung Bengkok

Untuk memastikan seorang mengalami hidung bengkok karena penyinpangan septum, Dokter akan lakukan pengecekan fisik untuk mengecek septum hidung langsung memakai penlight dan spekulum.

Mengelola gejala

Sesudah mengetahui secara pasti jika seorang mengalami penyimpangan septum, Perawatan awal yang dibutuhkan akan fokus untuk mengelola gejala yang ada dan menyebabkan sumbatan pada drainase dan hidung. Dokter kemungkinan memberi resep:

Dekongestan

Dekongestan ialah obat yang mengurangi bengkak jaringan hidung, membantu mengontrol aliran udara di ke-2 sisi hidung selalu terbuka. Dekongestan ada dalam bentuk semprotan hidung atau pil. Tetapi, pakai semprotan hidung dengan hati-hati.

Pemakaian yang sering dan terus-terusan bisa membuat keterikatan dan mengakibatkan gejala bertambah lebih buruk seusai Anda stop memakainya. Dekongestan mempunyai dampak stimulasi dan bisa mengakibatkan Anda resah dan meningkatkan tekanan detak jantung dan darah.

Antihistamin

Antihistamin ialah obat yang menolong menahan tanda-tanda alergi, termasuk hidung pilek dan mampet. Obat antihistamin dapat membantu keadaan non alergi seperti pilek.

Beberapa obat antihistamin bisa mengakibatkan kantuk dan bisa memengaruhi kekuatan Anda untuk lakukan pekerjaan yang membutuhkan penyelarasan fisik, seperti mengemudi.

Semprotan steroid hidung

Semprotan kortikosteroid hidung yang diresepkan bisa kurangi infeksi pada saluran hidung dan menolong drainase atau penyumbatan.

Umumnya dibutuhkan satu sampai tiga minggu untuk semprotan steroid untuk memberikan dampak maksimal, jadi penting untuk ikuti instruksi dokter Anda dalam memakainya.

Perlu Anda pahami, Beberapa obat cuman menangani gejala karena pembengkakan pada selaput dan tidak memperbaiki susunan septum yang menyimpang. Untuk memperbaiki susunan septum, dibutuhkan proses operasi oleh dokter specialist THT.

Pembedahan (Septoplasty)

Operasi bukanlah hal yang selalu dibutuhkan dalam penyembuhan hidung bengkok. Tetapi bila Anda masih merasakan gejala walau telah jalani therapy medis, Anda bisa menimbang operasi untuk memperbaiki penyimpangan pada septum.

Septoplasti ialah operasi revisi yang mempunyai tujuan untuk meluruskan dan menempatkan septum kembali lagi ke tengah hidung. Proses ini dikerjakan dengan memotong dan mengangkat bagian septum saat sebelum memasukkan kembali lagi ke posisi yang tepat.

Tingkat penyempurnaan yang bisa Anda harap dengan operasi bergantung pada tingkat keparahan penyimpangan septum. Gejala akibat septum yang menyimpang, khususnya hidung tersumbat, umumnya akan pulih total.

Tetapi, setiap kondisi hidung atau sinus yang mengikuti jaringan yang melapis hidung Anda seperti alergi, tidak bisa sembuh hanya dengan operasi.

Membentuk kembali hidung anda

Dalam beberapa kasus, pembedahan untuk membentuk kembali hidung (Rhinoplasty) dilaksanakan bersamaan dengan septoplasty. Rhinoplasty dikerjakan dengan melakukan modifikasi tulang dan tulang rawan hidung untuk mengganti bentuk atau bahkan juga ke-2 nya atau ukurannya hingga masalah hidung bengkok teratasi.

Kesimpulan

Apapun cara yang Anda pilih untuk mengatasi masalah Hidung Bengkok ini, pastikan semuanya harus di konsultasikan dulu ke dokter bedah lebih dulu. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui, seberapa parah dan bagaimana solusi tetap untuk mengatasi masalah tersebut.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: