Infeksi Bekas Luka Operasi : Kenali Penyebab dan Bahaya Jika Hal Ini Terjadi!

Infeksi Bekas Luka Operasi – Sama hal dengan infeksi pada umumnya, infeksi luka operasi ini muncul pada bekas luka pasca tindakan operasi. Biasanya ketika menjalani prosedur bedah, dokter akan membuat sayatan pada kulit dengan pisau bedah, sehingga akhirnya mengakibatkan timbulnya luka.

Meski tindakan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur, tapi infeksi pasca operasi akan tetap ada atau bisa saja terjadi. Tak jarang, resiko ini akan muncul dalam 30 hari pertama pasca tindakan dilakukan.

Penting untuk diketahui, ada 3 lokasi yang dapat menjadi pemicu terjadinya infesi pada luka bekas operasi, seperti sayatan dangkal pada sayatan kulit, sayatan yang ada didalam otot hingga Infeksi pada organ area operasi itu sendiri.

Untuk itu Anda harus lebih waspada dan wajib tahu info tentang fakta masalah infeksi karena luka operasi berikut ini:

Infeksi Bekas Luka Operasi Salah Satu pemicunya adalah Bakteri

Penting untuk diketahui bahwa infeksi pada bekas luka operasi itu penyebab utamanya itu adalah bakteri. Satu hal yang umum terjadi itu adalah Staphylococcus, Streptococcus hingga Pseudomonas.

Luka tersebut akhirnya menjadi infeksi karena interaksi luka dengan kuman pada kulit, kemudian adanya interaksi kuman di udara, adanya aktifitas kuman yang ada di tubuh, adanya interaksi dengan dokter ataupun perawat dan alat-alat operasi itu sendiri.

Infeksi Bekas Luka Operasi

Hal lain yang penting untuk diketahui itu adalah resiko infeksi bekas luka operasi ini akan meningkat apabila Anda menjalani prosedur tindakan bedah yang membutuhkan proses pengerjaan lebih dari 2 jam, dilakukan di area perut dan operasi segara.

Selain itu, faktor usia pun dapat meningkatkan resiko terjadi infeksi, kemudian daya tahan tubuh yang lemah, obesitas, perokok serta mereka yang mengidap kanker atau diabetes sangat beresiko meningkatnya potensi terjadinya infeksi ini.

Bahaya ketika Masalah Infeksi Luka Operasi yang Harus Anda Ketahui!

Sebenarnya ada banyak gejala dari terjadinya Infeksi pasca tindakan bedah plastik seperti misalnya adanya ruam kemerahan diarea tindakan, demam, perih, nyeri, luka yang terasa semakin panas, bengkak, bernanah, bau yang tak sedap pada area luka dan proses penyembuhan pasca tindakan bedah menjadi lama.

Apa bila Anda mengalami beberapa gejala diatas, segeralah berkonsultasi pada dokter spesialis bedah plastik untuk mendapatkan penanganan. Sebab ketika hal tersebut dibiarkan, beberapa resiko berbahaya akan terjadi pada Anda seperti:

  • Infeksi Akan Menyebar ke Jaringan Bawah Kulit
  • Infeksi ini dapat tersebar lewat aliran darah hingga ke seluruh tubuh. Hal ini pun dibarengi dengan adanya perubahan seperti suhu tubuh, tekanan darah, aliran pernapasan dan detak jantung.
  • Munculnya jaringan parut
  • Infeksi bekas luka operasi ini pun juga dapat memunculkan infeksi kulit lainnya seperti Impetigo.
  • Bernanah atau Abses
  • Kulit akan rusak dan nantinya bukan tidak mungkin akan menyebar dengan cepat ke area sekitar bekas operasi atau lebih dikenal dengan sebutan Necrotising Fasciitis.

Lalu, Apakah masalah Ini Dapat dicegah? Bagaimana Caranya?

  1. Mandi menggunakan air bersih dan menggunakan sabun anti septik (kalau bisa) sebelum tindakan bedah plastik dilakukan
  2. Tidak menggunakan perhiasan sebelum tindakan atau prosedur bedah plastik dilakukan
  3. Pastikan area luka tetap tertutup dan pastikan kebersihannya. Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk mandi setelah 2 hari pasca tindakan.
  4. Apabila di area luka sayatan menimbulkan gejala seperti merah dan terasa nyeri, langsung hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa bahaya yang bisa terjadi ketika terjadi Infeksi Bekas Luka Operasi yang harus Anda ketahui. Jika Anda memiliki keluhan pasca tindakan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Atau bisa juga berkonsultasi di forum kami disini atau ingin bertemu langsung dengan dokter spesialis bedah plastik kami, dapat menekan tombol dibawah ini.

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: