Awas! Inilah Beberapa Kebiasan yang Membuat Gemuk, Sudah Tahu?

Kebiasaan yang Membuat Gemuk – Banyak factor yang mendasari naiknya berat tubuh dan gemuk, olahraga dan diet yang tidak diawasi secara baik menjadi satu diantara factor penyebabnya. Disamping itu , ada rutinitas-kebiasaan yang membuat kamu gemuk.

Apa Saja Kebiasaan yang Membuat Gemuk?

Kebiasaan makan yang buruk jadi pemicu khusus bertambahnya berat tubuh, ini diungkapkan oleh Kathleen Zelman, MPH, RD, LD dari Weight Loss Clinic Dietitian. Kamu perlu mengganti beberapa rutinitas. Ketahui kebiasaan yang dapat buat gemuk:

1. Tidak Fokus Saat Makan

Kerap kali pikiran kita berkelana ke mana saja saat melakukan suatu hal, satu diantaranya ialah saat makan. Kebiasaan yang membuat gemuk ialah makan sekalian melihat tv akan membuat lupa diri, secara tidak sadar kamu masukkan makanan ke mulut secara terus menerus. Kamu juga tidak mengetahui rasa dari makanan yang dimakan. Bahkan juga satu kantung pop corn dapat musnah dalam hitungan detik. Fokus pada makanan, rasa dan setiap kunyahannya bisa membuat kamu sadar apabila sudah kenyang.

2. Kurang Tidur adalah kebiasaan yang membuat gemuk

Bila kamu kekurangan tidur, hormon kortisol akan diproduksi, dan hormon ini dapat mengatur rasa ingin makan. Kamu akan berasa lapar saat kurang tidur, meskipun sebetulnya pada kondisi kenyang. Kekurangan tidur meningkatkan penyimpanan lemak dalam badan.

Kebiasaan yang Membuat Gemuk

3. Makan Sesudah Makan Malam juga termasuk kebiasaan yang membuat gemuk

Menurut Kathleen Zelman, makan sesudah makan malam ialah kebiasaan yang harus diganti, apa lagi bila kamu melibatkan makanan manis, seperti cokelat dan kue. Sebaiknya kamu menukar kebiasaan itu dengan teh hangat, atau dengan makanan rendah kalori.

4. Kurang Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup membuat kamu kelihatan sehat dan muda. Disamping itu, sistem pencernaan bisa jalan dengan baik. Rasa lemas bisa disebabkan karena dehidrasi. Riset menyebutkan ada kaitan kenaikan konsumsi air dan peningkatan penurunan berat tubuh. Peneliti Virginia Tech menemukan jika seorang yang jalani diet minum delapan gelas 2x lipat satu hari sebelum waktunya makan, membuat berat tubuhnya turun sekitaran 3 kg.

5. Beli Makanan Dalam Kondisi Lapar

Tidak bagus bila kamu beli makanan pada kondisi lapar, karena akan berakhir beli banyak makanan. Saat berasa lapar, otak akan terima signal rasa ingin makan suatu hal yang distimuli oleh hormon ghrelin, hingga mengirim signal untuk beli apa yang dilihat. Tips-nya ialah makan sesuatu saat sebelum pergi beli makanan. Paling tidak, kamu telah isi perut ditambah dulu.

6. Makan Apa Pun Yang Ada

Ini kerap tidak disadari, saat kamu bekerja meskipun tidak pada kondisi lapar, kamu makan apa saja yang berada di meja sebagai gangguan atau aktivitas saat bosan melanda. Kadang makanan yang dikonsumsi kurang sehat, seperti gorengan, makanan makanan manis, dan paket. Makanan yang memiliki kandungan kalori yang tinggi, bisa mengakibatkan diabetes dan kolestrol. Bila kamu kerap berasa lapar, kamu dapat membuat sandwich yang sehat. Kamu bisa juga mempersiapkan buah-buahan yang sudah dipotong-potong, smoothie, atau cemilan sehat lainnya.

7. Minuman yang Memiliki kandungan Kalori Tinggi

Liquid calories umumnya ada dalam soda dan minuman yang beralkohol. Disamping itu, kamu perlu menghindar kopi blended yang dijajakan di warung kopi, karena umumnya akan ditambahi whip krim yang dibuat dari putih telur. Protein memanglah bisa membuat badan berasa kenyang, tetapi whip krim telah digabung dengan susu dan beberapa bahan yang lain, tanpa disadari kalori yang masuk ke tubuh juga banyak. Kamu dapat menukarnya dengan diet light beer atau soda.

8. Jangan Pernah Melewati Sarapan Pagi Karena ini Kebiasaan yang Membuat Gemuk

Badan memerlukan energi, sesudah berpuasa sepanjang malam, metabolisme tubuh membutuhkan makanan. Menahan lapar, badan akan menghasilkan hormon ghrelin, dan rasa lapar distimulasi oleh hormon ini. Dan yang kamu butuhkan ialah hormon leptin, karena rasa kenyang distimulasi oleh hormon ini. Saat lapar terlalu berlebih, mengakibatkan kamu akan makan-makanan yang terlalu berlebih pada siang hari. Bila kegiatan cuman dalam ruangan, kalori akan diletakkan pada tubuh dan kamu perlu untuk membakarnya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: