Konsultasi Bedah Plastik : Penjelasan, Manfaat hingga Hasil

Konsultasi Bedah Plastik – Perlu diketahui bersama, bahwa masih banyak orang yang belum paham akan pentingnya konsultasi ketika ingin melakukan tindakan operasi bedah plastik.

Padahal dari sinilah, Anda akan mengetahui semua informasi mana yang terbaik dan tidak untuk anda lakukan baik sebelum atau setelah tindakan bedah plastik ini dilakukan.

Untuk lebih jelas terkait hal tersebut, berikut ini kami akan beberkan semua informasi seberapa penting konsultasi bedah plastik untuk bisa mendapatkan hasil terbaik.

Penjelasan Tentang Konsultasi Bedah Plastik Wajah

Harus diketahui Konsultasi bedah plastik wajah adalah janji bertemu dengan dokter spesialis bedah plastik sebelum akhirnya Anda melakukan tindakan bedah kosmetik. Konsultasi ini tujuannya adalah untuk evaluasi dan perencanaan sebuah prosedur bedah plastik itu sendiri.

Sebagai informasi tambahan, bedah kosmetik itu adalah salah satu sub-spesialisasi dari operasi plastik dan bedah reskonstruksi estetika. Adapun perbedaan dari keduanya itu adalah bedah rekonstruktif yang tujuannya adalah mengembalikan fungsi dari tubuh yang bermasalah.

Dan untuk bedah kosmetik adalah sebuah tindakan yang tujuannya tidak lain adalah untuk memperbaiki penampilan guna meningkatkan rasa percaya diri dan kualitas hidup orang yang melakukanya.

Dari sebuah penelitian American Society of Plastic Surgeons di tahun 2014, menyatakan bahwa tidakan bedah kosmetik ini terus meningkat tiap tahunnya. Dan terdapat 3 dari 5 tindakan terpopuler adalah Facelift, Operasi Kelopak Mata dan tindakan Rhinoplasty atau operasi memancungkan hidung.

Perihal area operasi plastik wajah itu mulai dari dagu, pipi, rambut hingga tulang rahang bahkan leher. Terdapat beberapa tindakan yang dilakukan di area Payudara. Sebagian besar tindakan bedah plastik adalah invasif sebab prosedur akan menimbulkan nyeri beberapa waktu dan segera pulih kembali.

konsultasi bedah plastik

Oleh sebab itu, tindakan bedah plastik ini hanya boleh dilakukan oleh mereka yang sudah mendapatkan sertifikat khusus untuk membuka layanan bedah kosmetik ini. Biasanya mereka para Ahli bedah plastik ini sudah sering mengikuti berbagai pelatihan baik didalam ataupun luar negeri seperti pelatihan ekstensif, residensi dan fellowship. Dan sudah menyandang gelar Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Estetika.

Karena itulah konsultasi bedah plastik itu penting untuk dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat dan setelah tindakan dilakukan.

Lantas, Apakah semua yang ingin Menjalani Tindakan Harus Konsultasi Bedah Plastik?

Satu hal yang harus diketahui bahwa tindakan ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah di permukaan kulit, seperti kulit yang mengendur. Mengapa? Karena ini akan menimbulkan keriput, garis kerutan di berbagai area khusunya di ujung mata, sehingga membuat tampilan mereka terlihat menjadi lebih tua.

Tindakan bedah plastik ini pun juga ditujukan kepada mereka yang memilik tumpukan lemak di area wajah, seperti pada kelopak mata, pipi, dagu hingga leher. Biasanya, lapisan lemak ini bisa dihilangkan melalui prosedur sedot lemak atau lebih dikenal dengan Liposuction. Penyedotan lemak ini akan membuat Anda akan terlihat jauh lebih kurus dan nampak lebih v-shape.

Dan konsultasi bedah plastik sendiri adalah sebuah prosedur yang harus Anda lakukan sebelum melakukan prosedur bedah plastik kosmetik. Tujuannya tidak lain adalah menentukan apakah Anda layak untuk melakukan prosedur tersebut atau tidak.

Spesialis bedah pun sering kali menyarankan kepada Anda yang usia masih muda atau masih berkembang, mereka yang sudah lanjut usia dan sudah beberapa kali melakukan prosedur bedah kosmetik untuk menghindari melakukan tindakan bedah plastik kembali.

Bagaimana Cara Konsultasi Bedah Plastik yang Baik dan Benar?

Untuk Anda yang ingin melakukan prosedur bedah plastik, pertama itu adalah membuat janji bertemu dengan dokter spesialis bedah plastik baik itu klinik atau rumah sakit dimana dokter tersebut praktek. Biasanya, staf mereka yang membuatkan jadwa temu serta apa saja yang harus siapkan dan dibawa saat konsultasi nanti.

Anda tidak perlu berpuasa saat ingin konsultasi, akan tetapi ketika Anda ingin mengevaluasi bagian payudara, pastikan mengenakan pakaian senyaman mungkin dan mudah untuk di lepas pasang kembali. Selain itu, prosedur ini akan semakin jauh lebih mudah ketika Anda tidak merias wajah yang berlebihan dan tidak menggunakan perhiasan.

Ketika jadwal konsultasi bedah plastik sudah ditetapkan, biasanya staf dari klinik akan meminta informasi medis dan data diri Anda,, lalu akan meneruskan informasi tersebut ke dokter terkait.

Dan berikut ini hal yang akan dilakukan saat konsultasi bedah plastik, dokter bedah akan:

  • Bertanya mengenai alasan ingin melakukan tindakan operasi bedah plastik
  • Mengevaluasi terkait kelayakan Anda berdasar dari banyak faktor mulai dari riwayat kesehatan, usia, kondisi kesehatan, jenis kelamin dan lainnya.
  • Mulai merencanakan pembedahan. Biasanya dokter akan menghadapkan Anda di beberapa pilihan, tujuannya agar pasien dapat memilih prosedur yang sesuai. Dokter pun nantinya akan mensimulasikan model bedah yang membuat anda memahami cara kerja dan hasil yang didapat setelah tindakan dilakukan.
  • Dokter pun akan membahas resiko serta komplikasi yang akan terjadi, serta perawatan lanjutan
  • Memperhitungkan biaya, perlu diperhatikan bahwa prosedur bedah plastik adalah tindakan yang relatif mahal, biasanya klinik akan memberikan tawaran pengaturan biaya tesebut.
  • Dan Anda akan diminta untuk bertanya.

Biasanya, untuk satu sesi konsultasi pun sudah cukup untuk membahas semua yang dibutuhkan sebelum tindakan dilakukan, akan tetapi semua balik lagi pada bagian dari tubuh mana yang akan di operasi nantinya.

Konsultasi bedah plastik akan berlangsung paling lama 1 jam karena nantinya Anda akan menjalani serangkaian pemeriksaan dan evaluasi yang akan dilakukan oleh tim bedah lainnya, seperti misalnya Spesialis Anestesi.

Komplikasi dan Resiko yang mungkin Terjadi Ketika Tidak melakukan Konsultasi Secara Benar

Komplikais besar bisa saja terjadi ketika konsultasi bedah plastik dilakukan tapi harapan pasien terlalu tinggi. Ini pun bisa saja terjadi ketika dokter bedah plastik hanya memberi harapan palsu, terlebih saat dokter bedah mengetahui bahwa apa yang diinginkan pasiennya itu tidak mungkin bisa dipenuhinya.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda utnuk memastikan kompetensi, pengalaman dan izin dari dokter spesialis bedah plastik sebelum akhirnya mereka melakukan tindakan bedah plastik tersebut.

Dan demi menjaga keamanan anda, baiknya Anda memilih spesialis bedah platik yang sudah dikenal dan memiliki reputasi baik. Dimana kira-kira itu? Anda dapat membuat konsultasi bedah plastik dengan kami dengan mengklik tombol dibawah ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: