MAKANAN APA SAJA YANG MEMBUAT WAJAH TETAP AWET MUDA ?

MAKANAN APA SAJA YANG MEMBUAT WAJAH TETAP AWET MUDA ?

HENDRI ANDREAS, SP. PB – RE

Founder D EleganceClinic

Hak Cipta © 2021 oleh dr.  Hendri Andreas, Sp. BP – RE

Catatan : E-book ini ditulis guna memberikan informasi tentang  treatment dan pilihan untuk penuaan dan kecantikan pada saat ini.  Hanyamerupakan pendapat pribadi dari penulis sendiri, tidak mencerminkan sudut pandang setiap dokter.  Sebelum kamu menjalani prosedur kosmetik, memulai rejimentreatment kulit, atau membuat perubahan pola makan besar, kamuperlu melakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan jika hal itu tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan.  Mengikuti rekomendasi dalam buku ini bukan mutlak hubungan dokter-pasien, sehingga penulis tidakbertanggung jawab atas segala akibat buruk yang timbul dari penerapan informasi .

Pendahuluan

Wajah yang terlihat awet muda bisa dilihat melalui makanan yang ada di piringmu, apakah pendapat ini benar? Iya, fakta ini benar adanya. Bahkan tidak hanya wajah saja, tapi juga bisa mengubah penampilan dan kesehatan kulit di seluruh tubuh.

Makanan untuk penampilan awet muda berbeda dengan makanan yang fungsinya untuk diet. Diet membuat kamu terlihat kurus, tapi tampilan wajah akan tampak menyusut, berkerut, murung, dan pucat hingga menunjukan tampilan yang lebih tua.

Namun, walaupun kamu kehilangan beberapa kilogram ekstra dengan cara ini, maka kulit kamu akan terhidrasi dengan baik dan juga tetap lembab, serta memperkuat dan mengencangkan seluruh bagian tubuh dengan protein dan nutrisi pembentukan kolagen, anti-oksidan ditanamkan pada kulit dan tubuh. Hal ini akan melawan efek penuaan dan membuat kulit tetap terlihat muda.

Ada beberapa makanan yang membuat kamu terlihat lebih tua, yaitu gula, makanan olahan, dan karbohidrat sederhana. Dengan begitu, kamu bisa melihat perubahan yang lebih besar dalam pandangan kamu tentang makanan dan meremajakan kulit, serta kesehatan.

Lemak baik atau buruk bagi tubuh? Karbohidrat juga apakah baik? Makanan cepat saji, daging merah, minuman ringan sangat mempengaruhi kesehatan dan juga kulit. Beberapa ahli gizi, diet, dan dokter kulit, dokter bedah lain juga mengatakan hal yang sama untuk masalah ini. Jadi, mari simak bersama!

Makanan Untuk Meremajakan

Seperti apa yang kamu ketahui, makanan yang sehat diantaranya sayuran, buah, ikan tangkapan, biji-bijian. Makanan tersebut bisa mencegah terjadinya anti-penuaan dini dan membuat wajah kamu tampak lebih muda. Makanan seperti gula, lemak trans, junkfood memang mempercepat penuaan kulit. Namun, ada yang lebih spesifik dari itu, makanan yang bisa membuat kamu lebih cepat terlihat lebih tua.

MAKANAN YANG MEMBUAT KAMU CEPAT TUA

GULA = KERUTAN

Gula merupakan makanan yang terburuk bagi kulit apabila kamu mengonsumsinya. Mengapa? Makanan yang berbahan gula diantaranya kue kering, kentang tumbuk (mashed potato), wortel, sandwich, bahkan steik akan diubah menjadi glukosa (jenis gula yang sederhana)  untuk digunakan sebagai energi tubuh.

YANG BIKIN CEPAT TUA : LEMAK TRANS

Lemak trans atau asam lemak merupakan lemak yang berasal dari minyak nabati, biasanya digunkan untuk  makanan cepat saji, dengan biaya produksi yang murah. Makanan yang mengandung lemak trans menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, serta mempercepat proses penuaan.

MAKANAN UNTUK TETAP AWET MUDA

BIKIN AWET MUDA : ANTIOKSIDAN

 

Antioksidan topikal seperti vitamin C melawan radikal bebas di permukaan kulit, tetapi makanan yang banyak mengandung antioksidan dapat melakukan hal yang sama dari dalam.  Makanan kaya akan antioksidan bahkan dapat membantu kamu melindungi dari sinar UV matahari yang berbahaya dan radikal bebas yang dapat dihasilkannya.

Mari kita lihat beberapa yang terbaik untuk makan enak.

VITAMIN C

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan kulit, baik itu mengonsumsinya atau mengaplikasikannya langsung pada kulit. Selain bermanfaat untuk melawan radikal bebas, vitamin C juga berperan secara esensialnya dalam produksi kolagen dan elastin.  Vitamin C mudah larut dalam air sehingga cepat dikeluarkan oleh tubuh.  Dengan kata lain, tubuh tidak menyimpannya, jadi kamu harus makan makanan yang banyak mengandung vitamin C pada tiap harinya.

VITAMIN E

Vitamin antioksidan ini sangat baik melindungi kulit dari radiasi UV, serta mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas. Hampir sama dengan  vitamin C yang larut dalam zat air, tetapi vitamin E larut dalam lemak.  Tubuh dapat menyimpannya di jaringan lemak, sehingga tidak harus mengonsumsinya rutin setiap hari. Vitamin E memiliki banyak manfaat, jadi penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan kaya akan vitamin E saat memiliki kesempatan.

VITAMIN A

Sama seperti vitamin E, vitamin A juga larut dalam lemak dengan aksi antioksidan. Begitu banyak banyak produk perawatan kulit yang mengandung bentuk vitamin A atau retinoid seperti retinol dan tretinoin.  Secara teknis, vitamin A merupakan sekelompok senyawa, termasuk retinoid dan karotenoidRetinoid memiliki efek anti-inflamasi dimana sering ditemukan pada makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, seperti kuning telur, udang, dan hati.

KAROTENOID

Ada banyak jenis karotenoid, di antaranya tidak bisa diubah menjadi Vitamin A seperti beta karoten, tetapi memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang mendalam.  Terrmasuk zat seperti lycopene, lutein, dan zeaxanthin.

BIKIN AWET MUDA : ASAM LEMAK OMEGA-3

Banyak pendapat bertentangan di luar sana tentang lemak, termasuk tentang baik dan buruknya untuk tubuh, serta berapa banyak atau persentase yang dibutuhkan.  Memang belum ada yang pasti, tapi, sebaiknya hindari konsumsi lemak trans dan lemak industri yang diproses tinggi (seperti minyak jagung dan  minyak kedelai), tetapi makanlah lebih banyak lemak alami yang baik dimana membantu meningkatkan kolesterol baik, melembabkan kulit, mengurangi peradangan, dan mencegah penuaan

 

APA YANG HARUS KAMU MAKAN ?

Berikut beberapa strategi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan asupan awet muda sambil mengurangi ketergantungan kamu pada makanan yang membuat cepat tua :

Whole GRAIN

Label whole grain pada makanan dapat diartikan sebagai sebuah produk yang mengandung keseluruhan bagian dari grain  atau biji-bijian, tanpa melalui proses pengolahan ataupun penggilingan.

Bila telah diolah, bahan makanan tersebut tetap harus mengandung kandungan lengkap yang setara dengan biji utuh aslinya.

GUNAKAN PROTEIN

Untuk memperlambat proses pelepasan glukosa dalam aliran darah, kamu harus memasangkan makanan dengan protein bersama makanan tinggi gula atau biji-bijian olahan. Misalnya, pasangkan telur rebus kamu dengan wafel, masukkan steak yang diberi makan rumput ke dalam tumisan, atau makanlah almond dengan kismis.

GO GREEN

Kamu penikmat kopi? Cobalah untuk menyeduhnya dengan teh hijau. Kamu akan mendapatkan kafein yang kamu inginkan, sekaligus mendapatkan antioksidan yang kuat pula. Walaupun, kopi juga memiliki antioksidan, tetapi teh hijau memiliki antioksidan yang cukup berbeda dimana sangat ramah kulit.

KONSUMSI MAKANAN YANG MENGGUNAKAN BUMBU HERBAL

Banyak rempah-rempah dan bumbu mengandung antioksidan kuat. Terutama kayu manis, cengkeh, jinten, bubuk kari, kunyit, dan rempah kemangi, lemon balmmarjoram, oregano, peppermint, rosemary, sage (tumbuhan organik), tarragon, dan thyme.

HINDARI KONSUMSI MAKANAN OLAHAN

Makanan yang dipanggang, juga makanan ringan adalah yang terburuk bagi kesehatan. Makanan seperti cup cakes, kue kering, donat, dan sereal anak-anak mengandung tepung halus dan terlalu banyak gula dimana dapat meningkatkan gula darah dan kadar insulin.

PUASKAN GIGI MANISMU DENGAN DARK CHOCOLATE

Kandungan kakako mentah digunakan untuk menilai cokelat yang dilihat berdasarkan jumlahnya. Semakin tinggi persentase kakao mentah, maka semakin besar aktivitas antioksidan yang terkandung dalam cokelat. Maka dari itu, kamu harus mencari cokelat yang mengandung dengan setidaknya 70% kakao, untuk antioksidan maksimum dan tambahan gula minimum.

INGAT: HIJAU, KUNING, ORANGE, MERAH

Makanan yang paling banyak mengandung antioksidan adalah yang memiliki warna yang cerah.

 MINUMLAH

Air sangat penting untuk proses hidrasi pada kulit.  Segala sesuatu di tubuh akan bekerja lebih baik ketika terhidrasi dengan baik. Semakin banyak air yang kamu minum, maka semakin membantu melembabkan kulit dari dalam.  Karena itu, ketika kamu mengalami dehidrasi kronis, minumlah 8 gelas air pada tiap harinya agar membuat penampilan kamu terlihat lebih muda.

Jadi, apakah kamu siap untuk mengubah pola makan agar berpenampilan lebih muda, hidup lebih lama, dan merasa lebih baik?  Kami berharap e-book singkat ini telah mendorong kamu untuk melakukan hal baik untuk kesehatan.  bahkan kami juga memberi sebuah panduan lengkap untuk semua hal lain yang dapat kamu lakukan untuk terlihat dan merasa lebih muda,

Saya harap membaca e-book ini telah menghabiskan waktu dengan baik.  Jika Anda ingin melanjutkan percakapan ini, silakan ikuti saya di Youtube dan baca informasi selengkapnya di buku “Change Your World” (*menyusul). Silahkan tanya jawab dengan saya di komunitas, saya akan sangat senang menanggapinya.

Mari Melihat, Hidup, dan Menjadi Lebih Baik  !

dr.Hendri Andreas, Sp. BP – RE

Founder D Elegance Clinic

www.drhendriandreas.com

https://www.youtube.com/channel/UC2VkO9Xb7HRKswud3c4UFSA

error: Content is protected !!