Penyebab Mata Kecil atau Sipit Sebelah itu Karena Penyakit Atau Bukan? Cek Infonya disini!

Penyebab Mata Kecil – Menjadi salah satu organ vital manusia yang ada di area wajah, mata juga memiliki peran untuk penampilan kita. Maka wajah jika ada salah satu mata kecil (sipit), banyak dari mereka yang mengalami hal ini langsung mencari tahu informasi bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut.

Tapi apakah Anda sudah tahu jika ukuran mata yang tak simetris ini bisa terjadi karena penyakit ataupu non-penyakit. Di beberapa orang, ukuran tubuh dapat berbeda satu sama lainnya dan ini normal terjadi.

Ini Penyebab Mata Kecil (Sipit) Sebelah

Inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan akhirnya mata terlihat kecil atau sipit sebelah:

1. Terjadinya Ptosis

Ptosis ialah satu dari banyak dari beberapa penyebab mata kecil atau sipit. Bagi mereka yang mengalami hal ini, biasanya ditandai kelopak mata yang turun dan menutupi sebagian atau semua mata. Kondisi seperti ini pun kerap disebut Blepharoptosis.

Jika dalam kondisi yang masih ringan, hal ini tidak akan menimbulkan gangguan berarti kecuali masalah estetika semata. Tapi lain halnya jika hal tersebut sudah parah, kelopak mata yang turun ini dapat mengganggu penglihatan dan ini ditandai dari adanya permasalahan di saraf, otot dan soket mata.

Penyebab Mata Kecil

Berikut ini beberapa penyebab ptosis yang bisa saja Anda alami.

• Adanya masalah pertumbuhan saat di dalam kandungan

Mata kecil atau sipit dapat terjad di semua usia, termasuk ketika masih bayi. Ptosis pada bayi ini terjadi karena otot yang berperan untuk mengangkat kelopak mata , tak berkembang baik saat masih di kandungan.

• Karena Sudah Usia lanjut

Adanya gravitasi yang diterima dalam waktu yang panjang serta terjadinya pelebaran jaringan di area kelopak mata karena usia yang bertambah membuat akhirnya kelopak mata terlihat turun. Ini bisa terjadi dan menyerang kedua mata Anda. Tapi, tak jarangn salah satu mata dapat terlihat lebih kecil dari yang lainnya.

• Myasthenia gravis

Ini adalah penyakit autoimu yang membuat toto tak dapat menerima respon dengan baik dari saraf. Kondisi ini dapat menyerang banyak otot yang ada di tubuh, mulai dari wajah, tangan hingga kaki. Jika otot mata yang diserang, kondisi ini dapat membuat kelopak mata turun, sehingga mata menjadi terlihat sipit sebelah.

• Adanya Gangguan saraf pada mata

Kelopak mata dapat bergerak naik turun sebab ada komando dari saraf yang ada di otak. Dan ketika saraf tersebut rusak atau mengalami masalah, kelopak mata akan sulit terbuka dan membuat mata terlihat menjadi sipit atau kecil.

• Adanya penyakit mata lainnya

Ada beberapa kasus yang terjadi, kalau ptosis ini dapat terjadi karena infeksi ataupun adanya tumor yang muncul pada rongga mata.

2. Mengalami Enopthalmos

Enopthalmos ini adalah gangguan di mata yang membuat bola mata seperti ‘tenggelam’ atau berubah lebih ke dalam soket mata. Dan akibatnya dari luar itu adalah salah satu mata akan terlihat lebih kecil dari yang lainnya. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena benturan atau karena penyakit lainnya seperti sinus yang berada di belakang mata.

Kesan tenggelamnya bola mata ini dapat terjadi karena tiba-tiba atau secara bertahap dalam hitungan tahun. Masalah ini pun jarang disadari yang mengalaminya. Tapi, pada dasarnya kondisi ini bisa timbukan beberapa gejala misalnya:

  • Mata yang sayu atau kelopak mata turun
  • Mata yang terlihat seperti ditarik
  • Sinus yang terasa tidak nyaman karena nyeri
  • Wajah nyeri

3. Penyebab Mata Kecil atau Sipit itu karena Variasi normal wajah

Di banyak kasusu, jika mata terlihat kecil sebelah pada dasarnya tidak mengalami gangguan apapu. Sebab didunia ini, memang sangat jarang sekali orang yang memiliki bentuk wajah yang simetris dan perubahan pada tubuh sering terus bertambahnya usia itu dapat berpengaruh pada ukuran mata.

Jika semakin tua, kulit dan jaringan di area sekitar mata nantinya akan hilangnya elastisitasnya. Hal ini dapat membuat kelopak mata atau kulit disekitarnya akan turun dan menimbulkan kesan ukuran mata yang tak simetris.

Tak jarang, mata sipit atau kecil sebelah itu terjadi bukan karena ukuran mata yang berbeda antara kanan dan kiri, tapi letak hidung yang tak simetris atau adanya perbedaan letak serta ketebalan alis kanan dan kiri.

Cara Mengatasi Mata Kecil atau Sipit

Penyebab Mata Kecil ini ternyata dapat di atasi dengan melakukan perawatan berikut ini. Tapi perlu diketahui bahwah hal ini dapat dilakukan ketika kondisi sudah parah seperti sudah mengganggu penglihatan.

Tapi perlu diingat, walau Anda tidak mengalami masalah seperti diatas juga dapat melakukan perwatan untuk memperbaiki penampilan Anda. Berikut ini adalah salah satu jenis tindakan yang mengatasi masalah mata kecil atau sipit:

Operasi Upper Blepharoplasty dapat mengatasi Penyebab Mata Kecil

Operasi Upper Blepharoplasty dapat memperbaiki kelopak mata yang dinilai tidak simetris, agar  lebih seimbang. Tindakan ini dilakukan dengan cara membuang kelebihan jaringan atau lemak di salah satu area kelopak mata agar lebih terlihat seimbang dengan mata sebelahnya.

Jika Anda ingin mengetahi terkait penyebab mata kecil atau sipit sebelah yang mungkin sedang dialami dengan lebih tepat, lakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik. Jika benar hal itu karena penyakit, dokter biasanya akan segera mengambil tindakan untuk mengembalikan ke kondisi normal mata.

Ingin melakukan konsultasi tentang penyebab mata kecil atau sipit lainnya, yuk buat jadwal temu dengan klik tombol dibawah ini:

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: