Jenis Perawatan Untuk Wajah Berjerawat Terbaik? Coba Ini Saja!

Wajah berjerawat itu memang jadi masalah yang kerap terjadi pada semua orang di belahan dunia manapun dan hal tersebut bisa terjadi bisa karena berbagai macam masalah.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir atau cemas sebab banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut seperti memanfaatkan bahan alami atau dengan bantuan medis. Salah satunya dengan melakukan Facial.

Tapi, kita ketahui bersama bahwa banyak anggapan ketika Anda tengah berjerawat, Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan apapun termasuk merawat diri sebab saat jerawat itu disentuh akan menimbulkan masalah lainnya.

Lantas, bolehkan melakukan Facial saat wajah berjerawat? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Apa itu Facial?

Ini adalah rentetan perawatan yang dilakukan untuk merawat wajah secara menyeluruh mulai dari pemijatan, pembersihan wajah dengan scrub, kemudian Chemical peeling, lalu pengelupasan kulit, ekstraksi komedo dan ditutup dengan pemberian masker wajah sesuai dengan kondisi kulit.

Terkait prosedurnya itu terbilang cukup beragam dan semua balik tergantung dimana Anda melakukannya. Biasanya, bahan yang digunakan itu juga akan disesuaikan dengan kondisi kulit Anda.

Misal, ketika Anda mengalami masalah kulit berjerawat, biasanya prosesnya itu akan dikombinasikan dengan prosedur Chemical Peeling menggunakan asam salisilat.

Terus, Apakah Boleh Melakukan Facial Saat Wajah Berjerawat?

Penting untuk Anda ketahui bahwa melakukan perawatan Facial saat sedang berjerawat itu sebenarnya tidak ada masalahnya dan malah bermanfaat. Proses mengeluarkan komedo saat Facial itu dapat menurunkan resiko munculnya jerawat baru pada wajah Anda.

Selain itu, penggunaan masker pada akhir sesi perawatan ini, ternyata dapat mengurangi adanya bakteri P.Acnes yang dinilai adalah pemicu munculnya jerawat.

Namun, hal ini masih jadi perdebatan yang tidak ada ujungnya. Namun, ketika dilihat dari sisi medis, seperti apa yang sudah disampaikan diawal itu kalau ini aman untuk dilakukan saat Anda sedang jerawatan.

Namun, perlu diketahui bahwa Anda harus menghindari untuk melakukan proses mengelurkan komedo pada jerawat yang sedang meradang.

wajah berjerawat

Sebagai informasi, proses ektraksi ini adalah proses dimana cairan atau isi jerawat itu dikeluarkan. Nah, ketika jerawat sedang meradang, prosedur ini harus dihindari sebab dapat menimbulkan infeksi dan akhirnya menyisikan bopeng pada kulit wajah Anda nantinya.

Oleh sebab itu, Facial diperbolehkan saat kondisi wajah sedang berjerawat, tapi harus diperhatikan  juga terkait jenis dan berapa banyak jerawat di wajah Anda.

Jika jerawatnya terbilang sedikit, hal ini masih diperbolehkan untuk melakukan perawatan tersebut dengan catatan, tidak melakukan ekstraksi pada jerawat yang tengah meradang.

Apakah Boleh Sering Melakukan Facial untuk Mengatasi Wajah Berjerawat?

Satu hal yang harus diketahui, sebenarnya tidak ada batasan terkait hal tersebut. Meski demikian, ada baiknya tidak melakukan perawatan Facial ini lebih dari satu kali dalam sebulan.

Bukan tanpa sebab, karena ketika Anda terlalu sering melakukannya justru tidak akan memberikan manfaat pada wajah Anda nantinya. Ini karena, perawatan ini dapat melukai dan membuat pori-pori wajah Anda akan semakin membesar.

Karenanya, paling tidak Anda membutuhkan waktu 13 sampai 28 hari untuk meregenari pasca perawatan. Sehingga nantinya akan membantu mengangkat sel kulit mati dengan melakukan perawatan tersebut setiap sebulan sekali.

Tapi sebelumnya, pastikan kulit wajahmu dalam kondisi bebas dari Infeksi kulit aktif, serta pastikan juga melakukannya di tempat yang tepat.

Sebab ketika melakukan perawatan ini ditempat sembarangan dan peralatan yang tak steril akan membuat masalah baru pada kulit wajah Anda.

Apakah Facial untuk Wajah Berjerawat Ini Dapat Membersihkan Kulit?

Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak, kenapa? Karena sebenarnya hal ini dapat membantu membersihkan wajah jauh lebih dalam dengan melakuka ekstraksi komed dan mengangkat sel kulit mata yang tertumpuk pada permukaan kulit.

Namun, ketika penyebabnya itu karena faktor hormon atau penyebab lainnya itu, facial untuk wajah berjerawat ini tak terlalu berkhasiat. Bukan itu saja, efek facial ini hanya sementara dan perlu pengulangan setiap bulannya.

Jika Anda ingin membersihkan jerawat hingga tuntas dan ingin agar kesehatan kulit berjerawat tetap terjaga, baiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter. Sebab, dokter kecantikan akan merekomendasikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terkait kesehatan kulit Anda. Darisana, hasil yang akan Anda dapat itu akan jauh lebih maksimal.

Beda halnya ketika jerawatmu itu tak terlalu parah, Anda dapat melakukan beberapa perawatan wajah yang dijual bebas di pasaran seperti sabut atau krim wajah yang ada kandungan benzoil peroksida atau sulfur.

Dan satu hal yang paling penting itu, hindari untuk memencet jerawat sebab itu akan membuat kulit jadi terluka yang nantinya akan membuat munculkan bopeng dan membuat Anda tak mulus lagi karena wajah berjerawat.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: